oleh

Satu Puskesmas di Pamekasan Belum Diproses BLUD

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Proses pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di setiap puskesmas oleh Dinas Kesehata (Dinkes) Kabupaten Pamekasan belum tuntas sepenuhnya.Dari 21 puskesmas yang tersebar di Pamekasan, masih ada satu puskesmas yang belum berstatus BLUD.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Ahmad Marzuki, melalui kepala bidang pelayanan kesehatan dr. Syaifuddin menegaskan, satu puskesmas tersebut ialah Luskesmas Larangan Badung.

“Belum diprosesnya satu puskesmas tersebut karena keberadaannya masih baru. Sehingga, kesediaan SDM masih belum ada,” terangnya, Rabu (17/3/2021).

Namun, pihaknya mengatakan, satu puskesmas tersebut sudah dalam proses registrasi dari kementerian kesehatan. Sedangkan untuk 20 puskesmas lainnya sedang dalam tahap awal dan perampingan menuju BLUD.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, tujuan dari pembentukan BLUD sendiri sesuai amanat Permendagri Nomor 79 Tahun 2018; setiap puskesmas yang melakukan BLUD akan lebih leluasa dalam mengatur keuangannya sendiri.

“Jadi ketika puskesmas mau pengadaan, tidak harus melalui Dinkes agar tidak memakan waktu. Puskesmas yang berstatus BLUD nanti bisa diberikan kekuasaan inovasi layanan sesuai dengan unggulan masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam, meminta agar satu puskesmas tersebut segera di-BLUD.

“Segera diproses. Agar nantinya semua puskesmas di Pamekasan ini mempunyai BLUD,” ungkapnya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Komentar

News Feed