Satu-satunya di Madura, Kominfo Apresiasi Layanan Call Center 112 Pemkab Sumenep 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) TAMBAH LAYANAN: Pemkab Sumenep mendapatkan apresiasi dari Kominfo RI sebab menjadi satu-satunya kabupaten di Madura yang menggunakan program Call Center 112.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Saat ini warga Sumenep dapat mengakses nomor layanan panggilan darurat 112 bagi yang memerlukan bantuan, khususnya mengenai penanganan darurat yang mengancam keselamatan jiwa. Layanan tersebut diusung oleh Pemkab Sumenep dan difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Kominfo melalui Koordinator Infrastruktur Keperluan Khusus Direktorat Pengembangan Pita Lebar Harapan Takaryawan menyampaikan, program 112 dan komponen-komponen penyelenggaraan Call Center 112  meliputi pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, ia menyebutkan, layanan tersebut sebagai bentuk fasilitas koordinasi seluruh elemen dengan pemerintah yang terlibat penanganan kegawatdaruratan. Seperti layanan pemadam kebakaran (damkar), Satpol PP, dinas kesehatan (dinkes); yang di dalamnya meliputi ambulan dan rumah sakit dan layanan umum lainya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep yang telah menggunakan layanan ini, layanan yang menerima keluh kesah masyarakat,” ungkapnya saat sambutan secara virtual dalam launching program Call Center di Sumenep, Selasa (17/8/2021).

Dia juga mengapresiasi Sumenep sebagai satu-satunya kabupaten di Pulau Madura yang gerak cepat menggunakan program Call Center, nomor 11 se-Jawa Timur dan 69 se-Indonesia.

Dia juga menuturkan, dengan layanan tersebut, seluruh lapisan masyarakat Sumenep bisa langsung menghubungi nomor 112 jika ada keperluan mendesak atau darurat. Menurutnya, masyarakat akan dilayani tanpa batasan durasi. Pihaknya juga mengimbau masyarakat bijak menggunakan layanan tersebut. Artinya, ia menyampaikan, Jika tidak terlalu penting, sebaiknya jangan nomor 112.

“Kami sudah menerima perangkat yang dikirim oleh Pemkab Sumenep, selebihnya tinggal operasinya. Berarti, layanan itu sudah bisa digunakan,” imbuhnya.

Sementara itu, acara launching  layanan Call Center 112  diselenggarakan secara virtual di ruang VIV rumah dinas (rumdis) bupati. Dalam acara tersebut, juga dihadiri jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sumenep. Setelah itu, dilanjutkan dengan sosialisasi online. (ara/maf/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *