Satu SD di Sampang Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Jawa Timur


Satu SD di Sampang Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Jawa Timur
(KM/IST) BERPRESTASI: UPTD SDN Bancelok 2, Kecamatan Jrengik meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Pemprov Jawa Timur.

KABARMADURA.ID | SAMPANGSuatu kebanggaan bagi Kabupaten Sampang karena telah menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata. Penghargaan itu diberikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk SDN Bancelok 2, Kecamatan Jrengik. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang Faisol Ansori mengatakan, penghargaan Sekolah Adiwiyata Jawa Timur tahun 2022 diberikan kepada 91 SD sederajat dan 74 SMP sederajat, serta 5 SMA sederajat di Jawa Timur. Sebelumnya, Sampang mengusulkan 8 sekolah.

“Yang lolos administrasi itu dua sekolah. Hasil visitasi dari dua sekolah menjadi satu sekolah yang dinyatakan Sekolah Adiwiyata,” ucapnya bangga, Selasa (13/9/2022).

Faisol menjelaskan, Sekolah Adiwiyata merupakan penghargaan untuk sekolah yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Atensi itu sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dengan begitu, SDN Bancelok 2 diharapkan mampu menginspirasi sekolah lain di Kabupaten Sampang untuk terus menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan hidup. Semakin banyaknya Sekolah Adiwiyata akan melahirkan banyak sumber daya manusia (SDM) peduli lingkungan.

“Sehingga indeks kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Sampang akan semakin baik,” imbuh Faisol.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata itu diserahkan oleh Kepala DLH Jawa Timur Ardo Sahak kepada Kepala SDN Bancelok 2 Budi Rohadi. Acara itu sebagai puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Acara itu digelar di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition, Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, mulai 12 September hingga 14 September 2022.

“Kami bangga, dan ini menandakan prestasi sekolah peduli lingkungan tidak mesti harus dari wilayah kecamatan kota,” tutup Faisol.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna