Sayang Jika Hikmah Ramadan Terlewatkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Taufik Hidayat) AKBP Darman, S.I.K: Kapolres Sumenep

KABARMADURA.ID – Rasa syukur di bulan agung tahun ini, karena masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan penuh ampunan untuk menjalankan ibadah puasa.

Ramadan adalah bulan yang penuh hikmah, ada banyak kandungan hikmah di bulan Ramadan. Di antaranya untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepaada Allah. Sebagaimana dalam QS Al-Baqarah 2:183. Bahwa ujung dalam surat tersebut adalah ‘agar kamu bertkawa’.

Seruan dalam surat Al-Baqarah 2:183 bagi orang-orang yang beriman, bukan kepada semua manusia. Dengan demikian, betapa sayangnya Allah kepada orang-orang yang beriman.

Allah memberikan hadiah bagi yang menjalankan puasa berupa surga Arroyan. Untuk ibadah puasa, Allah yang mencatat pahalanya karena ibadah puasa merupakan ibadah kepada Allah dengan menjalankan perintahnya.

Hikmah Ramadan lainnya, yakni mengendalikan hawa nafsu. Selama sehari penuh kita tidak makan dan minum, kita juga harus mengendalikan nafsu-nafsu yang lainnya.

Saya sebagai elemen kepolisian, mengajak masyarakat dan anggota Polres Sumenep untuk mengisi dengan ibadah, melaksanakn kegiatan yang bermanfaat baik membantu sesama muslim dan membantu sesama. Apalagi pahala di bulan puasa dilipatgandakan.

Kemudian, selama satu bulan kita ditempa berpuasa dengan menahan berbagai nafsu, ending-nya adalah kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Seperti ulat. Untuk menjadi kupu-kupu yang indah, ulat harus berpuasa berpuluh-pulu hari dan melalui proses yang tidak mudah. Sama halnya dengan kita, selama 30 hari berpuasa kita ditempa, sehingga pasca bulan puasa harus menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, dengan berpuasa kita ikut merasakan saudara-saudara kita yang tidak mampu. Betapa tersiksanya orang yang lapar. Makanya kita diajak untuk berbagi kepada sesama yang tidak mampu, yakni dengan mengeluarkan zakat fitrah.

Mari kita berbagi. Apa yang kita punya kita sedekahkan, kita keluarkan zakat untuk membantu saudara-sausara kita yang tidak mampu.

Secara medis, dengan berpuasa ternyata menyehatkan. Hal itu sudah dilakukan penelitian ilmiah berdasarkan ilmu medis. Karena dengan berpuasa ada regenerasi sel dan detoksifikasi pada tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *