oleh

SBH Sumenep Gemar Turun Langsung Kenalkan Cara Hidup Sehat

Kabarmadura.id/SUMENEP-Satuan Karya (Saka) Bakti Husada (SBH) Pramuka Sumenep turut berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19. Banyak program yang dilaksanakan, utamanya dalam penanganan kesehatan. SBH rajin mengedukasi masyarakat untuk selalu hidup bersih.

Berbagai kegiatan sosial juga tidak ditinggalkan, mulai dari membuat dan membagikan masker kain, membuat alat pelindung diri (APD), ikut turut dalam penyemprotan disinfektan di berbagai tempat, menjadi tenaga pencatat di Posko Covid-19 hingga ikut membantu menjadi bagian dari relawan Covid-19.

Menurut Pimpinan SBH Sumenep Samwil Huda, upaya tersebut merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan dan sesuai dengan yang dipelajari dan pengetahuan yang telah dimiliki oleh para anggota SBH.

Edukasi terhadap masyarakat yang dilakukan SBH dalam masa wabah Covid-19 antara lain, sosialisasi tentang pentingnya sosial distancing, berbagi masker di beberapa titik di terdekat puskesamas. Termasuk mengenalkan cara memakai masker yang baik dan benar, salah satunya di Puskesmas Leggung.

“Patungan antar kepengurusan berjumlah Rp1,5 juta untuk dibelikan kain kemudian diproduksi sendiri lalu menghasilkna 600 masker untuk dibagikan,” kata Minggu (28/6/2020).

Keaktifan SBH Sumenep itu, sempat diganjar penghargaan dari bupati Sumenep, utamanya dalam perannya mensosialiasikan penerapan hidup sehat, yakni dalam penghargaan program Gerakan Masyarakat Hudup Sehat.

“Kami sempat diberikan penghargaan dalm menggerakkan masyarakat untuk gerakan hidup sehat,” tutur dia.

SBH Sumenep juga pernah mengadakan lomba rumah sehat di Kecamatan Kalianget dan Guluk-Guluk, Sumenep. Targetnya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat. Program inisiatif SBH Sumenep itu dilaksanakan bersama bebapa puskesmas di Sumenep.

Dalam lomba itu, menitikberatkan agar masyarakat lebih paham mengenai rumah sehat, drprtyo harus ada ventilasi, tempat sampah, tidak ada keluarga yang merokok dan lainnya. Selain itu, SBH Sumenep juga ikut perpartisipasi dalam kegiatan posyandu. Beberapa sekolah juga dikunjungi untuk mengenalkan pentingnya cuci tangan.

“Intinya, SBH sebagai salah satu kelompok potensial pemuda yang ada di masyarakat turut bergerak aktif dalam melakukan upaya pencegahan Covid-19,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Sumenep Muhammad Romli mengatakan, dalam pencegahan wabah Covid-19, berbagai kegiatan dilakukan. Kegiatan itu melibatatkan pramuka di perguruan tinggi, termasuk di dewan kerja ranting (DKR) Pramuka dan saka Pramuka di beberapa elemen, termasuk SBH. (imd/waw)

 

 

 

 

Komentar

News Feed