oleh

Sebanyak 48.000 Orang di Sumenep Belum Terdaftar E-KTP

Kabarmadura.id/SUMENEP-Meski Pemilu 2019 sudah di depan mata, puluhan ribu warga Sumenep masih belum kantongi elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP). Tepatnya, sebanyak 48.000 orang.

Mestinya, Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten sumenep sudah menyelesaikan jumlah yang masih tersisa sebelum pelaksanaan pemilu. Meskipun, dalam pemilihan bisa menggunakan surat keterangan (suket).

Kabid Pencatatan Kependudukan Dukcapil Kabupaten Sumenep Wasanah mengaku sudah menyelesaikan semua Print Ready Record (PRR) e-KTP dari 27 ribu orang. Sebelumnya terkendala dengan formulir.

“Kita sudah mencetak semua sisa dari PRR itu. Sekarang tinggal yang belum cukup umur (BCU), karena  memang  kita harus menunggu waktu tanggal untuk yang BCU itu,” ujarnya.

Menurutnya, yang berstatus PRR tetapi tidak masih BCU saat ini ada 4.856 orang. Sebab, perekaman itu  bisa dilakukan oleh sekitar sebelum waktu dan tanggalnya tiba.

“Bisa daftar kalaupun ia masih belum  mencapai umurnya. Nanti kalau sudah sampai kita akan mencetaknya. Usianya harus 17 tahun. Kalau sampai pada batas umur itu, kita akan mencetak,” ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa banyaknya masyarakat sumenep yang masih belum melakukan pencatatan dan perekaman KTP elektonik, menurutnya, disebabkan ada yang  bekerja keluar daerah dan juga sebeagian yang lain sudah memasuki lanjut usia.

“Ya, sekarang ada 48.000 orang yang tidak melakukan perekaman. Padahal, mestinya sudah bisa melakukan perekaman di UPT masing-masing. Dan, gratis,” katanya.

Sementara,  untuk PPR  yang baru merekam pihaknya memastikan akan dicetak dengan cepat yakni sekitar satu minggu sudah dapat diparani ke UPT masing-masing.

“Kalau sudah dicetak tentu bisa diparani ke UPT. Kami mempermudah proses ini. Ayolah, masyarakat yang tidak merekam, memiliki kesadaran untuk melakukan itu,” ujarnya. (mun/nam)

Komentar

News Feed