oleh

Sebelum Dilantik, Fauzi-Eva Nyekar Makam Orang Terkasih

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Jelang pelantikan,bupati dan wakil bupati (wabup) Sumenep terpilih melakukan ritual keagaman dan ziarah ke makam keluarga.

Bupati Sumenep terpilih, Achmad Fauzi, nyekar ke makam kedua orang tuanya. Itu dilakukan sebagai penghormatan, dengan harapan dirinya diberi kemampuan oleh Tuhan dalam mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Kota Keris ini.

Dengan menampilkan keharmonisan keluarga, pria yang sebentar lagi akan menjadi nakkoda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep itu datang ditemani istrinya, Nia Kurnia Fauzi.

Keduanya tiba di salah satu kompleks pemakaman di Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep sekitar pukul 17.00, Selasa (23/2/ 2021).

Tidak berselang lama, Fauzi bersama istri langsung menaburkan bunga ke makam kedua orangtua dan sanak familinya. Dilanjutkan membaca surat Yasin dan mendoakan keduanya dengan khusuk.

Nyekar ke makam kedua orang tuanya tidak kali ini saja dia akukan. Pria yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini juga istakamah melakukannya setiap malam Jumat.

“Dilaksanakan lebih awal, karena saya khawatir pelantikan bertempat di Surabaya, mengingat Rabu ada acara gladi di sana, maka saya sempatkan nyekar ke makam orangtua sore ini,” ungkapnya.

Sejauh ini belum ada kepastian di mana pelantikan akan di lakukan, namun Fauzi berharap acara pelantikan nanti bisa berjalan lancar dan sesuai harapan.

“Selain itu, kami mohon apa yang menjadi visi misi kami tetap dikawal. Karena Sumenep ini rumah kita. Bismillah, semoga kami bisa mengemban mandat dengan baik dan amanah,” tutupnya.

Sementara Wabup Sumenep terpilih, Dewi Khalifah, juga melakukan ritual yang sama. Sebagai rangkaian acara menyambut pelantikan dan usai masa iddah, orang nomor dua di Sumenep itu nyekar ke makam sang suami.

Setelahnya, wanita dengan sapaan Nyai Eva bersama rombongan melanjutkan ziarah di Asta Sayyid Yusuf di Kecamatan Talango, dan terakhir di Asta Tinggi, komplek makam raja-raja Sumenep.

Menjelang pelantikan, atau pada Rabu (24/2/2021), Nyai Eva juga menggelar khataman al-Quran 30 jus dan berkumpul bersama mengundang anak yatim.

“Kalau pelantikannya, selain anak-anak saya juga akan ditemani orangtua. Doakan semoga kami bisa mengemban amanah dan memperjuankan kepentingan masyarakat,” paparnya.

Momentum jelang pelantikan, nuansa bahagia dan haru melebur menjadi satu. Bahagia lantaran menjadi perempuan tumpuan warga Sumenep, sementara haru lantaran tidak bisa ditemani sang suami.

Pasangan Achmad Fauzi – Hj. Dewi Khalifah ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati Sumenep oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada 22 Januari 2021 lalu.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilbup Sumenep 2020, Fauzi – Nyai Eva berhasil meraih dukungan 319.876 suara. Sedangkan pasangan Fattah Jasin – KH. Ali Fikri mendapat 296.676 dukungan. (ara/waw)

Komentar

News Feed