oleh

Sebelum Terapkan Daring, Perlu SeimbangkanKetimpangan Kota-Desa

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep M. Syukri meminta kesiapan Disdik harus matang dalam menghadapi proses belajar di rumah. Sebab, selama ini banyak sekolah yang tertinggal dalam hal penerapan di rumah dengan elektronik. Utamanya, sekolah di daerah pelosok-pelosok.

“Kedepan disdik harus memeratakan antara sekolah di pelosok dan dan di kota agar tidak berat sebelah,” paparnya.

Namun evaluasinya adalah pada penanganandan efektivitas pembelajaran. Utamanya, perhatian untuk siswa siswa yang tidak terjangkau jaringan internet. Sebab, Sumenep memilki wilayah terpencil,seperti dikepulauan dan beberapa kecamatan di daratan yang jaringan internetnya bermasalah.

“Jadi jangan sekali-kali dengan alasan belajar di rumah justru siswa jadi korban,” ujarnya.

Jamin dengan Evaluasi sambil Berjalan

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Khairul Umam meminta agar Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan dan seluruh pihak yang terlibat dalam kebijakan pendidikan agar melakukan mengevaluasi secara berkala dalam pelaksanaan sistem pembelajaran selama masa wabah Covid-19.

Kata Umam, agar tidak muncul masalah baru yang bisa mengurangisemangat siswa untuk mendapatkan pengetahuan.

“Kepala sekolah juga harus mempersiapkan semua rencana dan hasil evaluasi dan harus disosialisasikan kepada orangtuanya. Kesepahaman antara pihak sekolah, wali siswa dan siswa sangat penting,”ujarnya.

Dari pengamatannya dan hasil laporan warga, pembelajaran secara daring untuk wilayah perkotaan sangat minim kendala dan mudah dilaksanakan. Namun, kondisi sebaliknya dialami wilayah terpencil, karena belum mempunyai fasilitas penunjang yang cukup.

“Kita akan selalu memantau agar hak-hak mendapatkan pendidikan warga Pamekasan secara wajar dan maksimal terjamin. Sistem evaluasinya, akan kami upayakan agar berkelanjutan selama masa wabah. Karena sistemnya kan masih baru,” pungkas Umam. (tim KM)

 

Komentar

News Feed