oleh

Sebelum Tes Kesehatan, KPU Sumenep Akan Publikasikan Dokumen Persyaratan Paslon F Tahapan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Setelah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, masih banyak yang harus dilakukan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (acabup-bacawabup). Selain menunggu hasil verifikasi berkas, juga diharuskan melampirkan hasil tes kesehatan.

Komisioner KPU Sumenep Rahbini menyampikan, gerbang tahapan pilkada baru dimulai, aktivitas calon sudah mulai diverifikasi, termasuk berkas-berkas persyaratan akan disampaikan secara terbuka ke publik.

“Makanya biar ada keterbukaan, maka akan diapload nanti, dan publik bisa mengetahui, termasuk tim pengawas yang mau minta akan kami persilakan, tapi salinannya pakai biaya sendiri. Nanti yang tes kesehatan hasilnya juga bisa dilihat pada tanggal 12 nanti,” katanya, Senin (8/9/2020).

Berdasarkan calon yang mendaftar, sudah final, yang akan bertarung untuk menjadi orang nomor satu di Kota Keris ini terdiri dari dua pasangan, yaitu Fattah Jasin-KH. Ali Fikri dan Ahmad Fausi-Dewi Khalifah.

Keduanya saat ini menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan, Surabaya. Tes kesehatan merupakan tahapan yang harus dijalani bagi pasangan bacabup-bacawabup sesuai ketentuan peraturan KPU.

”Seperti disampaikan kemarin, jadwalnya dua hari, sejak tanggal 7 hingga 8 September 2020,” terangnya.

Rahbini menambahkan, sesuai rekomendasi KPU RI, tes kesehatan tidak dilakukan di Sumenep, tapi di Surabaya. Sebab, pemeriksaan harus dilakukan rumah sakit tipe A, sementara di Sumenep tidak ada rumah sakit tipe A.

Selain itu, hasil koordinasi KPU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ada tiga rumah sakit yang direkomendasikan untuk pemeriksaan pasangan calon, yaitu RS dr. Soetomo, RSAL dr. Ramelan dan RS Syaiful Anwar Malang.

”Khusus di Jawa Timur dibagi-bagi, ada 6 kabupaten dites di RS. dr Soetomo, 6 kabupaten di RSAL dr. Ramelan, dan 7 kabupaten di RS Syaiful Anwar. Sedangkan untuk pasangan dari Sumenep di RSAL dr. Ramelan,” paparnya.

Sekadar diketahui, saat ini, tahapan pelaksanaan Pilkada Sumenep sudah memasuki tahapan verifikasi. Penetapan pasangan calon dijadwal 23 September, dilanjut dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pada 24 September 2020. Sedangkan puncaknya, pemungutan dan penghitungan suara dijadwal 9 Desember 2020. (ara/waw)

 

Komentar

News Feed