Sebut PT Garam Plin Plan Tentukan Penyerapan Garam

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) RESAH: Petani terpaksa harus timbun garam sampai akhir tahun dengan jumlah tidak sedikit.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Rencana penyerapan garam rakyat yang dilakukan perseroan terbatas (PT) Garam belum ada titik terang. Terbukti, menjelang tutup tahun belum ada kepastian jadwal penyerapan menggunakan dana penyertaan modal negara (PMN).

Padahal, rencana itu sudah dilakukan PT Garam sejak pertengahan tahun lalu. Namun, sebulan menjelang tutup tahun belum ada keputusan. Sementara petani berharap ada penyerapan tahun ini dari PT Garam. Sebab selama dua tahun terakhir Badan Usaha Milik Negara itu tidak melakukan penyerapan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Ahmadi, salah satu tokoh petani garam di Kecamatan Pangarengan. Dia mengungkapkan, jika PT. Garam plin plan menentukan keputusan. “PT Garam mau bermain-main. Sengaja mengulur waktu untuk melakukan penyerapan” katanya.

Dia menegaskan, jika PT Garam patut dicurigai dalam mengelola dana PMN. Sebab sudah jelas ada alokasi penyerapan garam. Namun, tahun ini tidak melakukan penyerapan. Meskipun, harga saat ini sangat murah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Petani punya harapan besar kepada PT Garam. Sebab bisa mengangkat harga garam . Meskipun nilainya tidak seperti harga garam sebelumnya. Sebab perusahaan swasta sudah membandrol harga garam rakyat sangat murah,” katanya.

Sayangnya, lanjut dia, PT. Garam mau bermanuver. Memberikan janji penyerapan hingga akhir tahun. Namun, saat waktu sudah semakin sedikit berdalih waktu tidak cukup. Sehingga, penyerapan garam rakyat tidak dilakukan.

Menurut Ahmadi, cara itu digunakan PT. Garam tahun lalu. Dengan begitu, harapan petani gagal. Sehingga tidak sedikit petani yang mengalami kerugian. Selain harga murah, stok garam masih banyak.

“Sisa waktu yang ada kami berharap ada kepastian. Jika memang tidak ada penyerapan sebaiknya disampaikan. Sehingga petani mencari solusi sendiri,” ujarnya.

Terpisah, , Manager Corporate Communications PT Garam, Miftahol Arifin mengaku belum bisa memastikan soal penyerapan. Hanya saja, informasi terakhir, PT  Garam akan berusaha melakukan penyerapan akhir tahun. “Kami merencanakan ada penyerapan. Tapi keputusan terakhir belum dilakukan,” katanya singkat. (man/mam)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *