oleh

Sedang Berduka, Raas Dilanda Gempa hingga 7 Kali

Kabarmadura.id/SUMENEP-Wilayah Kepulauan Raas Kabupaten Sumenep dilanda gempa sebanyak tujuh kali sejak  2 April sampai 3 April. Sebagaimana informasi dari BMKG, gempa pertama terjadi dengan kekuatan 4,5 SR pukul 06.05 (2/4), kedua 5,0 SR pukul 08.22, ketiga 3,9 SR pukul 08.27, keempat 2,7 SR pukul 08. 34, kelima 2.8 SR pukul 08,35, keenam 3,0 SR pukul 08.53, dan ketujuh 2,8 SR pukul 09.04 .

“Lokasinya di laut. Akan tetapi, tidak berdampak Tsunami. Di kota Sumenep tidak merasakan, belum ada info di daerah Sumenep yang merasakan. Hanya yang merasakan pada saat ini adalah di daerah Raas, Sapudi, Dan Sapeken,” ungkap Kepala Sta Met Kelas III Kaliangat, Sumenep, BMKG Usman Kholid saat dihubugi Kabar Madura, Selasa (2/4).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep Rahman Riadi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan tindakan cepat dengan turun langsung ke lapangan untuk membantu para korban, terutama bangunan atau rumah-rumah yang rusak akibat gempa. Dalam bencana tersebut tidak ada korban jiwa.

“Meskipun ada gempa susulan tidak ada  laporan tambahan korban, kami telah turun ke lapangan untuk membantu. Selain itu, kami juga akan membantu dana stimulan dengan regulasi yang berlaku. Kalau rusak berat Rp2,5 juta, rusak sedang Rp1,5 juta, dan rusak ringan sebanyak Rp750 ribu,” jelas Rahman saat dihubungi Kabar Madura, Rabu (3/4)

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Kepala Desa Kropoh, Kecamatan Raas, terdapat 25 rumah yang rusak di desanya akibat gempa bumi yang terjadi, mulai dari yang rusak ringang tembok retak, sampai ke rusak berat. (mad/rei)

Komentar

News Feed