oleh

Segera Perbaiki Jalan Berlubang Akses Pendidikan

Kabarmadura.id/Pamekasan – Kondisi Jalan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Ulum Bettet Pamekasan di Desa Bettet yang sempit dan berlubang dikeluhkan mahasiswa dan warga sekitar. Pasalnya, kondisi jalan rusak diyakini kerap kali menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Wakil Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan Irfan menyayangkan sikap dinas terkait yang sekian lama membiarkan jalan tersebut dengan kondisi buruk.

“Jalan ini sudah lama begini, selain sempit juga berlubang, hampir tiap minggu ada kecelakaan,” ucapnya, Rabu (02/09/2020).

Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses pendidikan, karena banyak lembaga pendidikan di sekitar jalan tersebut. Selain terdapat ponpes dengan jumlah santri mencapai ribuan, di jalan tersebut juga terdapat perguruan tinggi dengan ribuan mahasiswa.

Tidak hanya itu, di jalan tersebut juga terdapat sejumlah sekolah dengan ratusan siswa. Sehingga tidak jarang kecelakaan lalu lintas yang memakan korban siswa, mahasiswa dan santri kerap kali menjadi korban dari kondisi jalan yang dibiarkan rusak.

Menurutnya kendaraan besar bermuatan material bangunan yang kerap kali melintas juga dinilai mengganggu para santri, mahasiswa, siswa dan warga setempat. Pihaknya berharap ada sikap kepedulian dari dinas terkait terhadap kondisi jalan yang memprihatinkan tersebut.

Bahkan, masyarakat setempat dan sejumlah pimpinan lembaga pendidikan di wilayah tersebut berkeinginan agar akes kendaraan besar bermuatan material dialihkan ke jalan Desa Tlangoh.

“Setiap tahun di sini memakan korban. Baiknya memang kendaraan besar itu dialihkan ke jalur lain, mengingat di sini ada kampus dan pondok pesantren,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pamekasan Cahya Wibawa mengaku sudah merencanakan pembangunan di jalan tersebut. Namun, pihaknya tidak berjanji untuk melakukan pembangunan secara total.

Namun dia menyebutkan, secara bertahap akan melakukan perbaikan lagi hingga jalan tersebut benar-benar layak dan tidak lagi membahayakan pengendara yang setiap hari berlalu lalang di jalan tersebut.

“Untuk tahun ini kami ada rencana untuk memperbaiki memang,” tukasnya.

Cahya menyebut, hanya akan memperbaiki jalan yang berlubang dan rusak. Rencana tersebut menurutnya direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat, bahkan dirinya memastikan, sebelum memasuki tahun 2021 jalan Pondok Miftahul Ulum Bettet akan segera diperbaiki.

“Kami perbaiki yang rusak-rusak dulu, nanti selanjutnya bertahap,” janjinya. (ali/ito)

 

Komentar

News Feed