oleh

Sehari Temukan 39 Surat Suara Rusak

Kabarmadura.id/SAMPANG-Proses penyortiran dan pelipatan surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terus digenjot oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di GOR Wijaya, Selasa (26/2), KPU Sampang menemukan puluhan surat suara yang rusak. Setidaknya ada 39 surat suara yang rusak. Kerusakan itu ditemukan pada surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Namun, KPU memastikan kerusakan surat suara masih akan bertambah.

“Sementara ini, kami melipat surat suara yang DPD RI. Saat pelipatan ditemukan puluhan surat suara yang surak,” kata Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Mu’arif melalui Pengawas Pelipatan Logistik Saliem.

Surat suara yang dinyatakan rusak antara lain warna pada gambar calon buram atau kurang terang, ada pula yang robek. Namun secara keseluruhan, belum diketahui jumlahnya. Pasalnya, hingga saat ini, proses pelipatan akan berlangsung hingga 10 hari ke depan.

Kegiatan itu melibatkan 210 pekerja. Mereka dibagi dalam dua tempat, yakni di GOR atau gudang 2 sebanyak 150 pekerja, sementara di gudang 1 di Jalan Makboul 60 pekerja. Selama pelipatan suara, KPU Sampang bergandeng pihak kepolisian untuk menjaga keamanan logistik.

“Ini sedang proses, angka pastinya berapa kerusakannya nanti setelah selesai pelipatan,” tambahnya.

Saat ini, di gudang 2 KPU Sampang telah melipat surat suara DPD RI dengan jumlah 839.000 lembar, DPR RI berjumlah 837.500 lembar dan surat suara DPR provinsi dapil XIV berjumlah 837.500 lembar. Setiap kardus berisi 2000 surat suara

“Yang jelas, surat suara yang rusak akan dikembalikan ke KPU Jatim dengan disertakan berita acara untuk diganti,” tandasnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed