Seharian Mbak Puan di Sumenep, Nikmati Pulau Oksigen dan Galang Aspirasi Para Kades

Seharian Mbak Puan di Sumenep, Nikmati Pulau Oksigen dan Galang Aspirasi Para Kades

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Puan Maharani berkunjung ke Sumenep, Kamis (3/3/2022). Sejumlah lokasi menjadi pilihan kunjungan politisi PDI Perjuangan tersebut selama sehari berada di kabupaten berjuluk Kota Keris ini.

Dari Bandara Trunojoyo Sumenep, putri Megawati Soekarnoputri itu bersama rombongan langsung bertolak ke Pulau Oksigen Gili Iyang. Dia menikmati oksigen terbaik kedua di dunia itu didampingi Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Selain ke titik 0 oksigen Gili Iyang, cucu Presiden pertama RI Soekarno itu juga menyempatkan diri menikmati indahnya pemandangan di Batu Cangga. Kemudian menyapa warga dan kemudian memborong pisang warga.

Bacaan Lainnya

Setelah dari Gili Iyang, rombongan yang digadang-gadang akan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) RI tersebut menuju Masjid Sychan Baghraf, Pondok Pesantren Darut Thayyibah, Legung Timur, yang didirikan oleh MH Said Abdullah.

Di Masjid Sychan Baghraf tersebut, figur dengan sapaan Mbak Puan ini bertemu dengan muslimat dan masyarakat.

Pengasuh Pondok Pesantren Darut Thayyibah Nyai Thayyibah mengaku, sangat senang Mbak Puan bisa berkunjung ke pesantrennya.

“Kami masyarakat di sini serta wali santri sangat senang Ibu Puan bersama rombongan menyempatkan diri hadir ke pesantren kami. Kami berterima kasih juga kepada Pak Said, karena saya belum sempat berterima kasih,” katanya.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menyampaikan bahwa kehadiran dirinya ke Sumenep adalah untuk bersilaturrahim. Sebab, hal itu menjadi tradisi dan yang selama ini dilakukan oleh kakeknya, Bung Karno.

“Saya datang ke sini, untuk silaturrahmi dengan ibu-ibu muslimat. Kakek saya, Bung Karno, selalu membiasakan silaturrahim dan meminta arahan dari para kiai dan ulama-ulama NU,” ungkapnya.

Mbak Puan pada kesempatan itu juga menyerahkan bantuan untuk 20 musala di Legung Timur dan sekitarnya. Dia pun kemudian berharap doa dari para kiai dan Ibu Nyai untuk kebaikan Indonesia. Diyakini, dengan doa para ulama, RI ke depan akan terus lebih baik.

Setelah dari Legung Timur, rombongan menuju rumah Said Abdullah untuk ramah tamah dan istirahat sejenak. Kemudian ke Islamic Centre di Kecamatan Batuan untuk silaturrahim dengan seluruh anggota Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sumenep.

Pada pertemuan dengan kades se-Sumenep, Mbak Puan menyampaikan bahwa rencana awal dirinya juga ingin menyerap aspirasi mengenai situasi dan kondisi desa-desa di Sumenep melalui para kades yang jadir. Hanya saja, pendeknya waktu kunjungan membuatnya berinisiatif mengagendakan pertemuan di waktu yang lain.

Kendati demikian, Mbak Puan tetap membawa kabar gembira bagi para kades. Yakni akan ada perubahan teknis realisasi dana desa (DD). Sebab, tahun depan, keuangan negara diyakini sudah semakin membaik pasca pandemi Covid-19. Saat ini, pihaknya akan mendorong pemerintah agar anggaran DD bisa naik setelah dua tahun terakhir tidak terjadi.

“Ini bukan janji-janji. Saya datang ke sini nggak mau kasih janji. Saya ke sini nggak lagi kampanye. Saya mau silaturrahim dan menyerap aspirasi. Karena salah satu tugas DPR itu memang menyerap aspirasi,” kata Puan.

Dia pun menyampaikan bahwa dirinya bisa berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo, termasuk dengan menteri terhadap aspirasi yang diterimanya.

“Meski DPR bukan eksekutif, tapi karena saya Ketua DPR, saya bisa bicara dengan presiden, dengan menteri, untuk kemudian memerhatikan apa yang menjadi aspirasi semua kepala desa, khususnya di Sumenep,” tutupnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Fathor Rahman, Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.