Sejahterakan Masyarakat Sekitar dengan Budidaya Porang 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) INOVATIF: Salah satu anggota Koperasi Madura Multifarm Agro Mandiri saat berada di tengah kebun budidaya Porang, Di Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN –  Bisnis budidaya tanaman yang ditekuni oleh Koperasi Madura Multifarm Agromandiri (KMMA) menjadi sangat menggiurkan. Bisnis budidaya tanaman porang kini menjadi lahan pekerjaan yang dapat mengais banyak keuntungan.

Koperasi yang bergerak di berbagai macam bidang itu terus menjajaki potensi yang ada. Salah satunya proses pembibitan porang yang baru beberapa bulan lalu dilakukan. Kemudian setelah mendapatkan kecocokan, budidaya porang itu terus dikembangkan, sehingga memiliki hasil yang mulai menggiurkan.

Budidaya porang yang merupakan sejenis umbian memiliki beberapa kecocokan dengan struktur tanah di Bangkalan. Sehingga potensi itu menjadi Salah satu fokus KMMA untuk mencari jaringan penjualan.

“Kami awalnya mencoba, dan ternyata cocok, maka dari itu kami mulai fokus melakukan pengembangannya,” terang Sulhan Badri sebagai Ketua KMMA.

Sulhan menargetkan produk yang dihasilkan oleh desa tidak hanya dikenali oleh masyarakat sekitar. Tetapi juga diketahui oleh daerah. Bahkan bisa mengenalkannya ke beberapa penjuru dunia.

“Awalnya itu dulu dianggap sebagai gertakan dan hanya mimpi, tapi sekarang kami sudah bisa memberikan bukti,” tuturnya.

Pihaknya sementara masih fokus di pengolahan oven chip konjac (Porang & Iles). KMMA sudah MoU dan melakukan perjanjian dengan warga Vietnam. Selain itu, diakuinya jika saat ini masih ada China dan Jepang yang mengajukan permintaan chip konjac. Pihak tersebut sudah siap menerima hasil produksi KMMA. Sehingga harus ada upaya perluasan lahan untuk memenuhi permintaan pasar tersebut.

“Bibit kami masih dalam proses pertumbuhan, dan ini saja sudah ada yang pesan dan sudah jelas akan dijual kemana. Semoga saja ini nanti bisa dikembangkan dan dapat menarik perhatian pemerintah setempat,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *