Sekda Sampang: BPD Wajib Terima Honor Sesuai SK

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Mencuatnya dugaan kasus tidak terbayarnya honor perangkat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sogian Kecamatan Omben Sampang mulai memantik respon aktif dari eksekutif. Pembayaran honorarium perangkat desa harus tetap sesuai surat keputusan (SK) bupati. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang Yuliadi Setiawan, Kamis (13/1/2022).

Pihaknya menyayangkan adanya dugaan kasus tersebut. Sebab hak atau honorarium wajib diberikan kepada perangkat desa ataupun BPD. Apalagi, BPD dilantik oleh bupati. Sehingga memiliki aturan yang tertuang dalam SK. Sehingga ada kewajiban pemerintah daerah untuk memberikan honor bagi BPD.

Bacaan Lainnya

“Mantan Kepala Desa (Kades) Sogian bisa menyelesaikan masalah pembayaran itu. Karena diketahui BPD tidak dibayar sejak 2016 hingga saat ini. Sehingga hal tersebut telah menyalahi aturan. Makanya hak itu harus tetap diberikan dan adanya aturan tentang hak gaji dan honor itu wajib disampaikan pada penerima,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau, agar seluruh kades di Sampang tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya jika BPD tidak melakukan kewajibannya dengan baik, maka bisa dilaporkan pemkab. Sebab seluruh permasalah yang melekat dengan SK dari daerah ada ketentuan atau prosedurnya.

“Jika BPD ataupun perangkat desa melakukan pelanggaran atau tidak memenuhi kewajiban, maka diberikan teguran maksimal tiga kali. Jika tidak diindahkan, laporkan ke kami. Kami akan membentuk susunan BPD baru,” jelasnya.

Sementara itu Camat Omben Wifagi menyatakan telah melakukan koordinasi dengan mantan kades yang dimaksud. Hasilnya, mantan kades menyepakati untuk memberikan hak gaji  kepada BPD. “Sudah kami komunikasikan dan mantan Kades Sogian. Dia menyepakati untuk menyelesaikan masalah itu dalam waktu dekat. Kami juga akan memantau lagi nanti agar masalah tersebut betul- betul diselesaikan,” responnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *