Sekda Sampang Mundur Tanpa Sepengetahuan Bupati

  • Whatsapp
PUTHUT BUDI SANTOSO: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang yang mengundurkan diri.

Kabarmadura.id/SAMPANG-Santernya kabar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Puthut Budi Santoso mengundurkan diri dari jabatan sebagai sekretaris dan ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sampang terhitung tanggal 1 Juli 2019 tanpa sepengetahuan bupati Sampang.

Saat dikonfirmasi, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang Slamet Junaidi mengaku baru tahu terkait kabar mundurnya sekda tersebut kemarin, Senin (1/7), sekitar pukul 10.00 WIB, karena baru pulang dari Jakarta.

Untuk itu, Haji Idi (sapaan akrabnya) berjanji akan segera memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan terkait alasannya pengunduran dirinya. Sebab ada mekanime dan prosedur yang berlaku.

“Saya baru dengar informasi mundurnya sekda ini sekitar pukul 10:00 WIB. Tentu mundurnya sekda ini tetap harus melalui prosedur yang berlaku, termasuk berkoordinasi dengan BKN Provinsi Jatim dan KASN pusat terkait prosedur dan mekanismenya,” singkat mantan anggota DPR RI itu.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Sampang Yulis Juwaidi menceritakan, secara tiba-tiba pak sekda tadi mengucapkan secara lisan untuk pengunduran diri dari dari dua jabatannya, yakni sekretaris dan ketua Korpri pada saat rapat dinas ayang digelar setelah apel pagi bersama.

“Bahwa pada hari ini Senin, (1/7/2019) pak Buthut Budi Santoso menyatakan secara lisan mengundurkan diri dari jabatan sekda dan ketua korpri, setelah itu beliau langsung keluar dan tidak memberikan alasan pengunduran dirinya,” ungkapnya.

Yulis menambahkan, proses pengunduran diri tersebut, semestinya harus mendapat persetuan dari bupati Sampang, akan tetapi sampai saat ini, belum ada persetujuan, sebab bupati baru tahu dan akan segera memangil yang bersangkutan.

Dengan begitu, status Buthut Budi Santoso tetap menjabat sebagai sekda, karena belum ada surat resmi dan mendapat persetujuan dari orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang.

“Pengunduran diri pak sekda ini hanya sebatas uacapan lisan, belum ada surat resmi dan mendapat persetujuan dari bupati,” beberanya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Sekda Sampang Puthut Budi Santoso memilih irit bicara, saat ditanya ihwal pengunduran dirinya, dia malah melontarkan pertanyaan balik terkait sumber informasi pengunduran dirinya.

“Kalau sumberanya jelas, silakan tanya ke sumber informasinya, saya tidak akan komentar,” singkatnya. (sub/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *