oleh

Sekolah Favorit Dominasi Seleksi Paskibraka di Pamekasan

Kabarmadura.id/Pamekasan–Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75, persiapan seleksi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Pamekasan mulai dilakukan.

Dijelaskan oleh Kepala Seksi Kepemimpinan, Wawasan dan Kepeloporan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pamekasan Hasimuddin, pihaknya mulai membuka seleksi Paskibraka pada pertengahan Februari lalu. Proses seleksi dilakukan dengan tiga tahap.

“Kami memilih calon-calon Paskibraka yang tidak memiliki riwayat penyakit, dan memiliki mental yang stabil,” ujarnya, Selasa (4/8/2020).

Diungkapkannya, standar yang ditetapkan dalam seleksi Paskibraka berupa tinggi badan minimal 170 centimeter untuk putra dan 160 centimeter untuk putri. Selain itu, kesehatan jasmani dan rohani menjadi pertimbangan terbesar.

Tes kesehatan harus dilakukan terlebih dengan adanya wabah Covid-19, maka  standar kesehatan menjadi hal penting dalam proses seleksi. Proses seleksi dilakukan di seluruh SMA, SMK dan MA negeri dan swasta, kecuali sekolah yang berada di bawah naungan pondok pesantren.

Pada tahap pertama, sekitar 300 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahap selanjutnya. Setelah itu kemudian dilakukan seleksi tahap kedua dengan interview dan tes tulis. Di tahap tersebut tersaring sekitar 150 orang.

Kemudian dilakukan seleksi tahap akhir yaitu pelatihan baris berbaris (PBB). Setelah itu ditetapkan sebanyak 74 orang Paskibraka terpilih. Semua itu dari SMA, SMK MA negeri dan swasta yang didominasi oleh SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Pamekasan.

“Karena memang di sana fasilitas lebih lengkap dan memang lebih terlatih. Tentu dalam proses seleksi harus ada yang tereliminasi,” ungkapnya.

Sementara itu, latihan PaskibraKA menyambut HUT RI ke-75 di Pamekasan mulai dilakukan sejak tanggal 27 Juni lalu. Bahkan direncanakan pada tanggal 14 mendatang seluruh Paskibraka akan dikarantina hingga menjelang pelaksanaan. Proses karantina direncanakan ditempatkan di hotel SMKN 3 Pamekasan

“Selama dikarantina para Paskibraka akan ditemani oleh sejumlah pembimbing dan pelatih yang akan mengarahkan,” pungkasnya. (ali/pin)

 

 

Komentar

News Feed