oleh

Seleksi Kacong-Cebbing Tahun 2020 Ditiadakan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Duta wisata dan budaya kabupaten Bangkalan yang dikenal dengan Kacong-Cebbing (Kaceb) tahun 2020 ditiadakan lantaran adanya Covid-19. Anggaran untuk seleksi dihabiskan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan Moh Hasan Faisol mengutarakan, kegiatan seleksi duta budaya dan pariwisata seperti Kacong-Cebbing  di Bangkalan pada tahum 2020 harus ditiadakan terlebih dahulu. Pihaknya menambahkan, kegiatan tersebut akan ditunda ke tahun 2021.

”Seleksi Kaceb tahun ini ditiadakan karena anggaran untuk melakukan kegiatan tersebut terkena refocusing,” paparnya, Selasa (04/8/2020).

Salah satu pemerhati budaya di Bangkalan R Muhammad mengatakan, seleksi untuk Kaceb di Bangkalan sebenarnya dapat memiliki peran penting terhadap perkembangan budaya, sejarah dan pariwisata di Bangkalan.

Sebenarnya peran Kaceb itu bisa lebih dimaksimalkan sehingga benar-benar membantu meningkatkan sektor budaya dan pariwisata yang berada  di Bangkalan, tuturnya.

Jika tahun 2020 belum bisa dilakukan seleksi mungkin bisa dimaklumi. Sebab, adanya Covid-19 memang mempengaruhi banyak sektor sehingga seleksi juga ikut ditunda.

“Dengan kondisi seperti ini memang bisa dimaklumi sebab dengan adanya wabah seperti ini semua kegiatan ditiadakan, katanya.

Sementara itu, mantan anggota Kaceb tahun 2019 Badrus menyayangkan tidak adanya kaceb tahun 2020 di Bangkalan.

Keberadaan Kaceb tersebut sangat membantu untuk menarik perhatian masyarakat yang dari Bangkalan, untuk mengetahui baik wisata maupun buadaya yang ada di Bangkalan,” paparnya.

Dengan adanya wabah Covid-19, pihaknya mengaku tidak bisa berkomentar apa-apa lagi, sebab memang kondisinya tidak memungkinkan.

“Kalau dihadapkan dengan virus, saya tidak tahu mau bagaimana lagi. Sebab antara kesehatan dan budaya sama-sama memliki peran penting di dalam kehidupan,” ujarnya. (sae/pai)

Komentar

News Feed