oleh

Selesaikan Permasalahan Ekonomi dan Pendidikan Kepulauan di Tengah Covid-19

KABARMADURA.ID, Sumenep –Bisa menyelesaikan permasalahan di kepulauan. Itulah harapan Ketua Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (Himpass) Sahrul Hubairi. Dia mengusulkan hal itu kepada kedua pasangan calon (paslon) nomor 1 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan nomor 2 Fattah Jasin-M. Ali Fikri Warits yang bertarung di Pilkada Sumenep.

Menurutnya, masyarakat kepulauan Sumenep mendapatkan imbas besar dengan adanya wabah Covid-19, terutama di bidang ekonomi dan pendidikan.

Sahrul menceritakan, mayoritas pendapatan masyarakat kepulauan menggantungkan nasib di laut. Namun, di tengah wabah Covid-19 ini, tangkapan nelayan menurun separuh dari harga.

Dia mencontohkan, sebelum ditetapkannya masa genting akibat Covid-19, harga gurita bisa mencapai Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per-kilogram. Namun, saat ini tengah turun separuh harga.

“Sebanyak 90 persen masyarakat kepulauan menghidupi keluarganya dari hasil laut. Banyak dari kekayaan laut tidak bisa menghasilkan rupiah. Ada yang bisa menghasilkan rupiah, tapi kini dengan harga yang sangat murah,” ucapnya kepada Kabar Madura, Senin (16/11/2020).

Di samping menggerus sector perekonomian, Covid-19 juga memberikan dampak terhadap pendidikan. Ketika harus menerapkan proses belajar-mengajar jarak jauh, kondisi kepulauan yang sejumlah titik dihadapkan pada kedap sinyal dan aliran listrik berwaktu. Itu diharapkan agar segera menemui solusi yang jelas.

Tak ayal, Sahrul meminta agar kedua paslon merencanakan pelayanan dan perhatian lebih terhadap kepulauan Sumenep.

Dia ingin melihat saat debat kandidat kedua, paslon yang punya program unggul dalam mengatasi persoalan kepualuan di tengah wabah Covid-19.

Diketahui, tema debat kandidat kedua ialah ‘Memajukan dan Menyelesaikan Permasalahan Daerah di Tengah Wabah Covid-19’. (idy/nam)

Komentar

News Feed