Seluruh Berkas RDKK Parpol Harus Diperbaiki

  • Whatsapp

Kabarmadura.id – Semua partai politik (parpol) di Sumenep telah menyetorkan berkas dan rekening khusus dana kampanye (RKDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep. Namun, semua parpol diminta untuk memperbaiki berkas-berkas karena tidak lengkap.

Waktu penyerahan berkas RKDK sendiri terakhir pada Minggu (23/9). Penyerahan berkas RKDK semua parpol  disetor ke KPU pada hari terakhir. Akan tetapi tidak satupun berkasnya memenuhi syarat.

“Karena tidak ada satu pun yang lengkap, maka semuanya kami minta untuk diperbaiki. Kalau selesai, disetorkan kepada kami kekurangan-kekurangannya itu,” jelasnya kepada Kabar Madura.

Zubaidi menyebutkan, mayoritas perbaikan berkas RKDK karena salah format. Ada juga karena tidak mencantumkan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

RKDK yang disetorkan parpol ke KPU Sumenep, saldo dalam rekening masih menunjukkan belum ada sumbangan ke parpol untuk dana kampanye. Terbukti, mayoritas di rekening parpol masih di bawah Rp1 juta.

“Di rekeking ada yang saldonya baru Rp1 juta, Rp500 ribu, Rp200 bahkan ada yang Rp100 ribu. Ada saldo yang agak besar, yakni Rp10 juta milik Partai Hanura,” jelasnya.

Pasalnya, jika berkas RKDK hasil perbaikan sudah lengkap, KPU Sumenep akan mengumumkan dana kampanye semua parpol. Baik itu besaran dana kampanye, sumbangan yang diterima parpol dari mana saja.

“Kami akan umumkan nanti, bahwa parpol tertentu telah menyerahkan RKDK dan laporan awal dana kampanye, termasuk dananya di saldo rekening,” tuturnya.

Sumbangan untuk dana kampanye menurut Zubaidi dibatasi, untuk sumbangan dari kelompok maksimal Rp25 miliar, kemudian sumbangan dari perorangan maksimal Rp2,5 miliar.

Sedangkan tahapan kampaye akan dimulai sejak tanggal 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019. (ong/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *