oleh

Semangat Harjad Bangkalan ke-489, Wujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar upacara hari jadi (harjad) ke-489 tahun. Upacara yang digelar di halaman Pemkab Bangkalan, Senin (26/10/2020) tersebut, menusung tema “Dengan Menyongsong Semangat Hari Jadi Bangkalan, Kita Wujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera”.

Upacara itu tetap berlangsung meskipun hanyadihadiri beberapa perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bangkalan. Sebab, memang diatur demikian  lantaran masih dalam kondisi wabah Covid-19. Uniknya para peserta upacara bukan menggunakan pakaian seperti biasa (seragam ASN), tetapi memakai pakaian adat Madura.

“Di hari jadi kali ini sangat berbeda, karena biasanya banyak kegiatan lainnya. Sekarang mau tidak mau hanya upacara saja, karena dalam kondisi pandemi Covid-19, meskipun situasi pandemi, pemerintah harus semangat dengan mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” kata Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron.

Dalam peringatan HUT Bangkalan, bupati dengan sapaan Ra Latif itu berharap, kedepan, pertumbuhan ekonomi di kabupaten berjulu Kota Dzikir dan Sholawat dapat terus meningkat. Untuk mewujudkan itu, pihaknya akan menggelontorkan dana sebesar Rp1 miliar untuk sektor UMKMdari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

“Kami sudah menganggarkan Rp1 miliar untuk IKM, khususnya yang ada di jalan akses Suramadu itu. Nantinyaakan kami kembangkan mulai dari fasilitasi agar terjadi percepatan ekonomi. Sementara untuk UMKM lainnya akan terus kami lakukan pendampingan, baik dalam hal produksi dan pemasaran,” ujarnya.

Ra Latif juga meminta aparatur sipil negara (ASN) agar bekerja lebih keras untuk mempertahankan status Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemkab Bangkalan yang diraih pada 2019 lalu.

“Penghargaan ini harus dipertahankan dengan meningkatkan kinerja ASN. Khususnya dalam sektor peningkatan ekonomi serta penanganan kesehatan yang harus beriringan,” pintanya.

Di akhir upacara, Bupati Bangkalan Ra Latif menyerahkan 3.177 sertifikat tanah untuk 8 desa dari 5 kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari masing-masing desa dan kecamatan. (km57/waw)

 

Komentar

News Feed