oleh

Sempat tidak Ditarget Berprestasi, Farand Raih Medali Perunggu KSN IPA

KABARMADURA.ID,Pamekasan – Cara yang baik mendidik anak yakni, memberikan keleluasaan dalam memilih kompetensi keilmuan yang diminati. Hal inilah yang dilakukan, pasangan suami istri (pasutri), Ika Yulia Rakhmawati dan Rofik Sutmi.

KHOYRUL UMAM SYARIF, PAMEKASAN

Kedua orangtua Farand M. Yunus Al Farisi cukup bersyukur, atas diraihnya Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang ilmu pengetahuan alam (IPA). Farand, sapaan akrabnya, merupakan siswa SDN Barurambat Kota I Pamekasan. Berkat didikan dari kedua orangtuanya, dia berhasil meraih prestasi di tingkat Nasional.

Bahkan dia akan berkompetisi di tingkat Internasional. Atas raihan prestasi itu, kedua orangtuanya sangat berterima kasih terhadap semua pihak. “Kami sangat bersyukur dan bangga, anak yang berprestasi merupakan suatu anugerah, namun yang terpenting bukan hanya berprestasi, melainkan mempunyai akhlak yang baik,” ungkap, ibu kandung Farand, Kamis (12/11/2020).

Selain itu, Ika Yulia Rakhmawati mengaku, rahasia sukses seorang Farand berprestasi adalah menanamkan kedisiplinan dan kejujuran dalam rutinitas sehari-harinya. Terlebih, dalam mendalami berbagai pengetahuan yang disukai, baik berbau sains ataupun pengetahuan agama.

“Belajar harus setiap hari, mengaji harus setiap hari, ada jam tertentu yang kami atur, jadi habis bimbingan jam 07.00 sampai jam 15.00, dibimbing secara khusus untuk menopang pengetahuannya,”paparnya.

Menurut ibu dari 3 anak itu, farand merupakan anak yang paling nurut dibanding saudaranya yang lain. Dengan demikian, bisa mempermudah untuk mengarahkannya menjadi orang yang berprestasi sesuai dengan kesukaan pelajarannya.

“Kami tidak menekankan anak kami harus berprestasi, kami awalnya dilema antara diikutkan kompetisi atau tidak, karena anak-anak masih waktunya bermain, tetapi kami harus menekankan belajar dengan giat,” ulasnya dengan semangat.

Farand yang saat ini menempuh pendidikan di SDN Barkot I Pamekasan itu, berkeinginan menjadi seorang dokter, dan menjadi anak yang bisa dibanggakan oleh orang tuanya. Sehingga nantinya bisa bermanfaat kepada masyarakat.

“Saya bercita-cita menjadi seorang dokter, dan bisa menjadi anak yang sholeh,” tuturnya Farand saat ditanyakan ibudanya.

Ika yang juga menjadi Kepala Bidang (Kabid), Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pamekasan, berpesan kepada keluarga muda yang baru, untuk membina rumah tangga, supaya mampu membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah,

“Jangan pernah meremehkan kemampuan anak kita, eksplorasi keinginan mereka sesuai dengan keinginannya, kuncinya orang tua harus proaktif dalam mendidik anak,” pesannya.

Pihaknya berharap, untuk pendidikan di Pamekasan bisa terus maju. Sehingga bisa melahirkan generasi cerdas masa depan, dan bisa mengilhami berbagai bidang keilmuan secara nasional dan internasional. Sebab diyakini, sumber daya manusia (SDM) bisa berdaya saing dengan jutaan insan di dunia.

“Saya menginginkan pendidikan semakin maju dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman,” pungkasnya. (*/ito)

Komentar

News Feed