Semua Kegiatan Sistem Kontraktual, Realisasi DAK Disdik Pamekasan Capai 90 Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) HAMPIR TUNTAS: DAK fisik untuk 48 SD di Pamekasan telah terealisasi 90 persen.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Realisasi dana alokasi khusus (DAK) pendidikan untuk kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan masih dalam tahap pengerjaan. Kendati sudah menjelang akhir tahun namun pengerjaan masih mencapai 90 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdikbud Pamekasan Fatimatuzzahrah menyampaikan, realisasi DAK fisik di tingkat SD saat ini sudah mencapai 90 persen. Namun, dia enggan menyebutkan jumlah anggarannya.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, dia menyebutkan untuk penerima DAK fisik sekitar 48 SD. DAK tersebut dipergunakan untuk membangun ruang guru, membangun jamban, membangun usaha kesehatan sekolah (UKS) dan membangun perpustakaan.

Selain itu, DAK fisik juga direalisasikan untuk rehabilitasi ruang kelas, rehabilitasi perpustakaan, rehabilitasi ruang guru dan rehabilitasi jamban. Semua kegiatan pelaksanaan tersebut dilakukan secara kontraktual atau lelang.

“Tujuannya untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah. Ketika sudah lengkap sarana dan prasarana diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran,” terangnya.

Dia menjelaskan, pada program DAK memiliki beberapa tahapan, antara lain; perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Selain kegiatan fisik, DAK juga direalisasikan untuk kegiatan non fisik. Namun pihaknya mengaku belum bisa menyebutkan jumlah anggaran DAK non fisik tersebut.

Sebelumnya, Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini mengungkapkan, anggaran DAK pendidikan untuk kegiatan fisik sekitar Rp45 miliar. Sementara untuk kegiatan non fisik berupa dana bantuan operasional sekolah (BOS) sekitar Rp350 miliar.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah menekakan, agar pengerjaan DAK fisik dilakukan dengan baik sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat terutama pelaku pendidikan.

“Alhamdulillah kalau sudah dilakukan maksimal. Kami harap pengerjaannya bagus sesuai RAB,” tegasnya.

Jumlah DAK Fisik Jenjang SD: Tidak disebutkan

Jumlah Penerima: 48 sekolah

Realisasi: 90 persen

Kegiatan:

  1. Rehabilitasi ruang kelas
  2. Rehabilitasi perpustakaan
  3. Rehabilitasi ruang guru
  4. Rehabilitasi jamban
  5. Pembangunan ruang guru
  6. Pembangunan jamban
  7. Pembangunan UKS
  8. Pembangunan perpustakaan

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *