oleh

Seniman Jadi Ketua RT Paling “Blinger” di Sampang

Kabarmadura.id/SAMPANG-Dunia seni rupa, menjadi pilihan hidup Chairil Alwan. Dari pilihan jalur hidupnya tersebut, aku Chairil, membuat perjalanan hidupnya beragam. Mulai menjadi guru di MAN 1 Sampang bidang seni budaya dan jadi pelaku seni.Yang menarik adalah menjadi ketua rukun tetangga (RT) di lingkungan perumahan Barisan Indah.

Ya, ketua RT diakuinya adalah jabatan yang menuntutnya harus banyak berkreasi dengan lingkungan sosialnya. Mulai dari tantangan menghapus stigma warga perumahan yang individual, dengan menggalakkan gotong royong, hingga bermacam masalah sosial yang harus diselesaikan di tingkat RT.

“Saya ini menjudi Ketua RT sejak tahun 2018. Menjadi ketua RT itu adalah seni dan sarana yang tepat untuk menata lingkungan,” ungkap ketua Komunitas Perupa Sampang (KPS) tersebut.

Sebagai ketua RT, Chairil akhirnya mengubah lingkungan perumahan yang dipimpinnya sebagai kampus warga. Warganya harus terlibat penuh secara gotong royong menata lingkungan. Halaman rumah harus dipermak sebaik mungkin sebagai taman keluarga.  Kemampuan di bidang seni rupa, dia curahkan secara maksimal.

Alhasil, lingkungan perumahan Perumahan Barisan Indah Blok H penuh dengan bunga-bunga dan hiasan.

“Prinsip saya adalah menjadikan orang-orang betah terhadap lingkungannya sendiri. Hiburan keluarga berada di lingkungan yang kita tempati dan dikelola sendiri,” ucap Chairil Alwan.

Pilihannya hidup dengan dunia seni rupa, sejatinya tidaklah berjalan mulus sebagaimana mimpinya dulu. Apresiasi  warga terhadap karya seni rupa yang kurang baik, menjadikan Chairil Anwar sempat down.

Namun, lambat laun, Chairil Alwan mulai mendapatkan tempat yang membuatnya nyaman. Itulah sebabnya, naluri seniman yang dimilikinya saat ini mengalir deras pada ketiga anak-anaknya.

Upaya untuk memfasilitasi karya anak-anaknya tersebut, dia torehkan dengan menggelar pameran seni rupa di Gedung Kesenian Wijaya Kusuma, Sampang. Pameran yang dikemas dengan Refleksi Bani Alwan pada November 2019

Anak-anakChairil Alwan juga mulai menunjukkan prestasinya dengan mendominasi juara Lomba Desain Batik Trunojoyo Katagori Pelajar Tingkat Kabupaten Sampang pada Desember tahun 2019 lalu.

Ghina Zhavira siswi SMAN I, putrinya menjadi juara I, sedangkan Zaidan Ramzi Dhiyaulhaq siswa SMPN I Putra bungsu meraih juara II.(mal/bri/waw)

Komentar

News Feed