oleh

Separuh Koperasi di Sumenep Butuh Pembinaan Khusus

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep mengakui, dari total jumlah koperasi, masih banyak yang harus diberikan pembinaan dan penataan ulang.

Kepala Diskop Sumenep Fajar Rahman menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan penyisiran terhadap koperasi.

Kegiatan tersebut sebagai upaya dari pemerintah untuk memaksimalkan fungsi koperasi dalam menunjang stabilitas perekonomian masyarakat.

“Dari total keseluruhan koperasi itu sudah hampir separuh yang sudah mulai dibenahi atau ditata ulang. Hampir setiap hari kami kami turun ke lapangan, untuk mengecek keberadaan koperasi-koperasi,” katanya, kemarin.

Dari 149 koperasi yang tersebar di Sumenap, sudah 50 persen yang sudah dilakukan penataan ulang.

Artinya saat ini keberadaan koperasi yang aktif atau sekadar ada itu sudah mulai terlihat, sehingga pihaknya masih memberikan toleransi terhadap koperasi yang sudah tidak aktif untuk melakukan pembenahan-pembenahan.

Sementara bagi koperasi yang sudah ternilai bagus atau sudah mengalami perkembangan, pihaknya akan memberikan apresiasi.

Bahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa dinas untuk mewujudkan apa yang memang dibutuhkan oleh koperasi tersebut.

“Kalau memang butuh pelatihan lagi, kami akan berikan pelatihan, kami akan memberikan bantuan. Kalau terkait perdagangan saya fasilitasi dengan Disperindag dan yang lainnya,” imbuhnya.

Tetapi bagi koperasi yang memang sudah tidak mau berkembang, walaupun ditawari berbagai fasilitas, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk melakukan pemangkasan terhadap koperasi tersebut.

“Jika sudah tidak mempunyai semangat, kan lebih baik dibubarkan saja,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed