oleh

Separuh Wilayah Bangkalan Rawan Bencana

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Cuaca ekstrim yang masih sering terjadi beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan terjadinya rawan bencana di wilayah Bangkalan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan Rizal Moris, dari 18 kecamatan yag ada di Bangkalan, setidaknya ada 13 kecamatan yang menjadi daerah rawan bencana.

Rizal merinci, ke-13 kecamatan yang menjadi rawan bencana alam tersebut meliputi, yakni Kecamatan Kokop, Konang, Geger, Galis, Tanjung Bumi, Trageh dan Kecamatan Bangkalan. Sedangkan empat kecamatan lainnya yakni Kecamatan Blega, Arosbaya, Klampis, Burneh dan Kecamatan Socah.

Jenis bencana alam yang rawan terjadi di Bangkalan ini yakni bencana banjir, tanah longsor, angin kencang serta puting beliung.

“Di Kecamatan Kokop, Konang, Geger, Galis dan Tanjung Bumi merupakan daerah atau kawasan rawan bencana alam tanah longsor,” tuturnya.

Sambung Rizal, untuk wilayah yang berada di Kecamatan Burneh, Tragah dan Kecamatan Bangkalan sendiri, selama ini sangat rawan terjadinya bencana alam angin puting beliung.

“Kalau bencana banjir sendiri kerap terjadi di wilayah Kecamatan Blega, Arosbaya, Klampis dan Kecamatan Burneh,” jelas Rizal.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, dirinya mengimbau agar warga untuk lebih waspada pada musim hujan ini.

“Sebagai antisipasi, jika terjadi angin kencang, sebaiknya warga menghindar dengan keluar rumah dan menuju tempat terbuka seperti lapangan. Jangan malah takut dan berdiam diri di dalam rumah. Juga jangan berlindung di tempat yang banyak pohonnya,” imbuhnya.

BPBD sendiri saat ini sedang berkoordinasi dengan instansi vertikal lainnya, seperti dari pihak kepolisian dan TNI untuk saling berkoordinasi jika sewaktu-waktu ada laporan bencana alam. Dengan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi tersebut, Rizal mengatakan dapat segera melakukan penanganan.

“Kalau terjadi bencana atau ada tanda-tanda akan terjadi bencana langsung melapor agar segera dilakukan penanganan,” pungkasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed