oleh

Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sampang Baru 5 Persen

Kabarmadura.id/Sampang-Dana hasil refocusing untuk penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Sampang, difokuskan pada enam jenis program kegiatan. Adapun besaran pagu anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Sampang mencapai Rp150 miliar. Namun hingga kini baru terserap sekitar lima persen.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Anggaran dan Pembendaharaan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sampang Laili Akmalia. Kata dia, dana refocusing Rp13,2 miliar baru direalisasikan sebesar 30 persen atau senilai Rp3,9 miliar. Dana refocusing itu hanya difokuskan terhadap sejumlah program kegiatan tertentu yang melekat di dinas kesehatan (Dinkes), rumah sakit umum daerah (RSUD) dan organisasi perangkat daeran (OPD) terkait lainnya.

Dirinya mengungkapkan, dana refocusing hanya difokuskan untuk pembiayaan penanganan Covid-19 sebanyak enam program kegiatan.  Diantaranya, pembiayaan peningkatan kerjasama dengan BPJS kesehatan, promosi kesehatan, upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular,  pengadaan alat-alat kesehatan (alkes), laboratorium rumah sakit, peningkatan pelayanan dan pendukung BLUD di RSUD dan pengalokasian fasilitas dan alkes.

Perempuan yang akrab disapa Ibu Laili itu membeberkan, total anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Sampang untuk penanganan wabah Covid-19 di m Kota Bahari mencapai Rp150 miliar yang bersumber dari dana hasil rasionalisasi atau BTT Rp137 miliar dan dana refocusing Rp13,2 miliar.

Dirinya mengungkapkan, total serapan anggaran penanganan Covid-19 per bulan Juni, untuk yang bersumber dari dana hasil rasionalisasi Rp137 miliar baru terserap 3 persen atau senilai Rp3,5 miliar. Sementara dana refocusing Rp13,3 miliar terserap 30 persen atau senilai Rp3,9 miliar.

“Jadi total serapan anggaran penanganan Covid-19 yang mencapai Rp150 miliar ini baru 5 persen atau senilai Rp7,5 miliar,” ulasnya, Minggu (19/7/2020).

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi mengatakan, dana refocusing itu sebagian sudah digunakan untuk pengadaan barang habis pakai (BHP). Seperti alat pelindung diri (Apd) para tenaga medis, vitamin yang sudah habis, radiografi portable dan ventilator serta lainnya.

Disinggung terkait pagu anggaran dan tingkat serapan dana refocusing yang melekat di Dinkes Sampang itu, Agus (sapaan akrabnya) tidak bisa menjelaskan secara detail. Dirinya berkelit tidak hafal tentang detail serapan anggaran tersebut.

“Maaf saya tidak hafal secara detail untuk tingkat serapannya,” singkat Agus. (sub/pin)

Komentar

News Feed