Serapan Insentif Nakes di Bangkalan Lamban

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MELAYANI: Tenaga Kesehatan (nakes) saat memberikan pelayanan meski belum mendapatkan insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Dana insentif yang dianggarkan untuk belanja keperluan dan kegiatan penyelenggaraan penanganan kesehatan lamban. Alokasi dana dari berbagai sumber APBD itu, terkumpul sebesar Rp78 miliar. Namun, penyerapannya hingga Agustus 2021 masih belum mencapai 50 persen.

“Kami sudah ingatkan berkali-kali ke instansi terkait, yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) agar segera mempercepat penyerapan dana itu. Karena, belum sampai 50 persen. Padahal, semua kegiatan pencegahan dan penanganan kesehatan realisasinya sudah lebih dari separuh,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan Abdul Aziz, Minggu (29/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, belum optimalnya penyerapan dana diakibatkan terkendala administrasi atau kelengkapan yang belum bisa dipenuhi. Sehingga, dana yang sudah disiapkan menjadi sia-sia “Eman, kalau tidak diserap. Karena anggara itu, kan memang disediakan untuk mereka,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo mengaku, sudah melakukan proses pencairan, hanya saja memang tidak bisa dalam jumlah yang banyak, lantaran masih terbatas pada kelengkapan administrasi. “Kami sudah melakukan pencairan, dan sisanya masih menunggu kelengkapan berkas,” responnya.

Terpisah, Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad menuturkan, penyerapan dana yang tidak maksimal akan menjadi atensi untuk ditindaklanjuti. Sebab, kebutuhan anggaran yang sudah disediakan seharusnya bisa dimaksimalkan penyerapannya. “Nanti akan kami coba cari tahu bagaimana prosesnya dan apa kendalanya,” janjinya.

Menurutnya, proses pencairan seharusnya tidak menjadi hambatan besar untuk memberikan insentif pada nakes yang sudah bekerja keras. Sebab, mereka bekerja lebih keras daripada sektor lainnya di tengah serbuan pandemi. “Mereka yang memiliki resiko tinggi ini, tentu harus mendapatkan fasilitasnya agar bisa terus semangat,” sarannya.  (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *