oleh

Serapan Tembakau belum Optimal,Gudang Tutup Pembelian

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Tiga pabrikan sudah nyatakan tutup gudang untuk musim  ini. Artinya, ketuga pabrikan itu sudah tidak membeli tembakau petani di tahun 2020 ini. Penutupan itu juga sudah dilaporkan ke Dinas Perindustiran dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan. Tiga pabrikan tembakau itu, yakni PT Sadana Arif Nusa, PT Sukun, dan PT Nojo Rono.

Kendati demikian, masih banyak tembakau petani yang belum terbeli.Karenanya,ada permintaan agar pabrikan mengurungkan penutupan itu.

Menurut Kepala Disperindag Pamekasan Ahmad Sjaifuddin, penutupan tiga pabrikan tembakau itu, juga karena target volume pembeliannya sudah terpenuhi.Terlebih, bulan Oktober ini sudah hampir memasuki musim penghujan.

“Seminggu lalu kami mengirimkan surat resmi menyatakan penutupan ada 3 pabrikan, tetapi berdasar perhitungan teman-teman pertanian musim panen sudah selesai, memang tinggal sekian persen, sisanya saja,”ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Dia mengklaim, harga tembakau pada tahun 2020 terbilang cukup stabil. Berbeda dengan tahun 2019, namun tetap akan dievaluasi untuk perbaikan sistem pembelian pada tahun 2021.

“Kedepan kami akan evaluasi terkait para gudang, kemarin kan hanya gudang-gudang pentolan yang terkordinasi, ternyata gudang banyak cabangnya,”ulasnya.

Ahmad berkomitmen, pada musim berikutnya akan menyedarhanakan mata rantai pembelian dari petani bisa langsung kepada pabrikan, agar harga yang beredar dimasyatakat tidak terlalu timpang.

“Makanya konsep apa yang bisa memutus mata rantai perdagangan seperti itu, supaya harga yang diterima petani itu tidak jauh berbeda dengan yang tawarkan oleh gudang,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindara DPRD Pamekasan Rida’i  berharap, untuk musim berikutnya, Disperindag harus lebih proaktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani tembakau, dengan dikordinasikan pada awal musim kepada semua pabrikan yang ada.

“Kami harapkan serapan tembaku lebih diefektifkan lagi,” pungkasnya. (rul/waw)

TARGET DAN SERAPAN TIGA PABRIKAN

PABRIKAN TARGET (kg) SERAPAN (kg)
PT Sadana Arif Nusa 200.000 276.210
PT Sukun 700.000 662.455
PT Nojo Rono 100.000 178.155

 

Komentar

News Feed