Serapan Tiga Pabrikan Tidak Capai Target, Sudah Bersiap Tutup Gudang

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Meskipun ada sebagian petani yang belum selesai panen, pembelian tembakau musim ini segera berakhir. Mengenai hal itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Pamekasan, mengklaim bahwa dari target yang sudah disepakati antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dan pabrikan sudah terlampaui.

Kepala bidang (Kabid) Perlindungan Konsumen dan Kemeteorologian Disperindag Pamekasan Imam Hidajad mengatakan, suluruh gudang akan tutup total dalam dua pekan ke depan. Ssaat ini masih tersisa empat pabrikan besar dari tujuh gudang yang melakukan pembelian.

Dari keempat pabrikan itu, hanya PT Sadana Arif Nusa dan PT Gudang Garam yang sudah mengkonfirmasi ke pemkab. Rencananya, PT Sadana Arif Nusa akan tutup pada 16 Oktober mendatang, sedangkan PT Gudang Garam akan menutup pembelian pada hari Jumat (11/10/2019. Sementara 2 pabrikan lainnya, belum ada informasi.

Imam juga mengklaim, tembakau di Pamekasan sudah terserap semua, sehingga wajar apabila pabrikan akan tutup gudang dalam dua pekan ke depan.

“Tembaku itu tidak pernah ada yang tidak terserap, artinya sudah terserap semua,” paparnya.

Untuk sisa tembakau yang belum terserap ke gudang, diperkirakan berasal dari Sumenep dan Sampang. sebab muara dari penjualan tembakau Madura, berada di Kabupaten Pamekasan.

Berdasarkan rencana awal, tujuh gudang atau buying agent di Pamekasan itu akan menyerap  tembakau 21,3 ribu ton atau 21.300.000 kilogram. Sedangkan temabakau yang terserap per 7 Oktober 2019, sudah 23,3 ribu ton atau 23.791.725 kilogram. yang artinya sudah mencapai 111,70 persen. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *