Setelah Dilatih Melinting Rokok oleh DPMPTSP dan Naker, Peserta Diangkat Jadi Karyawan Tetap!


Setelah Dilatih Melinting Rokok oleh DPMPTSP dan Naker, Peserta Diangkat Jadi Karyawan Tetap!
(DPMPTSP DAN NAKER FOR KM.ID) TINGKATKAN KETERAMPILAN: Para peserta pelatihan sedang fokus belajar melinting di PR. Empat Sekawan di Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu.

KM.ID I PAMEKASAN -- Salah satu upaya untuk menakan angka pengangguran, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP dan Naker) Pamekasan melaksanakan pelatihan melinting rokok untuk 120 orang.

Pelatihan yang bersumber dana dari DBHCT 2022 itu digelar di dua perusahaan rokok (PR). Yakni di PR. Empat Sekawan, Dusun Bulung, Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu dan PR. Sultan, Dusun Dalem Tengah, Desa Sokolelah, Kecamatan Kadur.

Pelatihan ini diikuti 40 peserta atau dua paket di PR. Sultan Jaya dan 80 peserta atau empat paket di PR. Empat Sekawan. Masing-masing paket pelatihan didampingi empat instruktur. Pelatihan ini digelar selama 10 hari untuk masing-masing paket.

Kabid Pelatihan dan Hubungan Industrial DPMPTSP dan Naker Pamekasan Deddy Aryanto menyampaikan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau baru putus kerja.

"Sesuai dengan MoU antara perusahaan dan dinas, peserta yang mengikuti pelatihan ini akan diangkat menjadi karyawan tetap. Ini bentuk keseriusan kami dalam penyerapan tenaga kerja di Pamekasan," ungkapnya kepada KM.ID, Kamis (8/9/2022).

Deddy mengatakan, pihaknya sengaja memilih masyarakat sekitar perusahaan rokok menjadi peserta. Baik di sekitar PR. Empat Sekawan atau PR. Sultan Jaya. Agar juga mendorong peningkatan taraf ekonomi masyarakat setempat.

Salah seorang peserta pelatihan, Indah Sri Wahyuni, mengaku sangat terbantu dengan kegiatan pelatihan melinting rokok ini. Apalagi, sebelumnya, dia mengaku tidak mempunyai aktivitas.

"Minimal setelah pelatihan, saya bisa bantu-bantu keuangan keluarga. Alhamdulillah kalau sampai bisa nabung," katanya saat diwawancarai KM.ID, Kamis (8/9/2022).

Indah mengaku ingin berterima kasih kepada pemerintah yang telah menfasilitasi dirinya sehingga bisa meningkatkan taraf hidup yang lebih baik ke depan. "Ini sangat membantu saya," tutupnya.

Reporter: M. Arif
Redaktur: Ongky Arista UA