oleh

Setelah Video Asusila Beredar Luas, Taman Bunga Sumenep Baru Dipasang CCTV

Kabarmadura.id/Sumenep-Pasca video viral pasangan muda-mudi berbuat asusila di Taman Adipura atau Taman Bunga (TB) Sumenep akan diberi Closed Circuit Television (CCTV). Hal itu untuk mengetahui aktivitas masyarakat yang sedang santai di taman kota tersebut.

Pemasangan CCTV di TB demi memantau aktivitas masyarakat yang sedang berada di lokasi tersebut. Sebab selama ini, taman itu belum dilengkapi CCT sehingga aktivitas warga tidak terpantau, termasuk perbuatan tidak senonoh pengunjung taman.

Sebelum viral video tidak senonoh diperankan oleh remaja di atas motor yang berdurasi sekitar 4 detik, di TB juga sering kehilangan barang berharga termasuk sepeda dan barang lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya menjelaskan, untuk pemasangan kamera pengintai atau kelengkapan CCTV pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak yang bertanggung atas taman yang ada di depan Masjid Jami Sumenep tersebut.

Sebab pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan kelengkapan sarana hingga ke sisi dalam taman. Tapi hasil koordinasi tersebut sudah menemukan titik terang.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), maka akan diusahakan di PAK nanti, karena memang adanya CCTV yang lengkap, sebenarnya ada tapi kurang, sehingga dinilai itu amat sangat penting untuk diprioritaskan di PAK nanti,” katanya Rabu (12/8/2020).

Sementara pihaknya sempat hanya menganggarkan untuk pengadaan CCTV di ruas jalan jalan saja. Tapi untuk di sisi dalam Taman Adipura jika tidak dapat di perubahan anggaran keuangan (PAK) atau tidak tercover maka di tahun 2021 akan diprioritaskan.

Termasuk di ruas jalan yang kerap dilintasi kendaraan atau di jalan utama, akan dilengkapi dengan kamera pengintai, sehingga khusus area perkotaan bisa terpantau aman.

“Kami juga sempat menganggarkan 15 CCTV, tapi di luar Taman Adipura, namun semuanya kena refocusing, tapi yang pasti akan ditambahkan di sana nanti, termasuk yang kami juga akan diprioritaskan nanti,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan DLH Sumenep masih belum bisa memastikan terkait kelengkapan fasilitas di Taman Adipura, meskipun secara prioritas pihaknya fokus di perawatan taman tersebut.

“Memang tahun ini kami hanya fokus ke sana, dan lagi kami tidak tahu terkait kejadian yang terjadi di sana, yang sempat viral itu saya masih belum dapat informasi,” paparnya. (ara/ong)

Komentar

News Feed