oleh

Siapkan Rp500 Juta untuk Ekowisata

Kabarmadura.id/SUMENEP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan memanfaatkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Batuan sebagai Ekowisata yang ditargetkan selesai pada tahun 2019.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kabupaten Sumenep Agus Salam menjelaskan, banyaknya sampah yang diangkut ke TPA sekitar 20 ton perhari dan kurang lebih 600 ton per bulan. Mulai tahun ini pihaknya akan memanfaatkan tempat pembuangan sampah menjadi ekowisata pada tahun ini.

“Pada bulan ini, ekowisata itu sudah kita mulai digarap, baik penanaman bunganya, termasuk nanti pada bulan berikutnya ada penggarapan tempat bermainnya pula,” ujarnya.

Pihaknya mengakui anggaran yang dialokasikan untuk ekowisata tersebut cukup minim, sehingga ia butuh dukungan dari pemerintah yang ada di atasnya.

Suplai dana yang akan dikeluarkan untuk ekowisata tersebut, akan mengabisakan dana sebesar Rp500 juta yang sudah masuk dalam anggaran 2019.

“Kami akan mendesain lokasi TPA tidak hanya menjadi tempat tumpukan sampah, melainkan juga sebagai tempat yang nyaman dan sejuk,” paparnya.

Ia juga mengharapakan pembangunan TPA tidak hanya untuk ekowisata yang dapat bermanfaat untuk masyarakat Sumenep, tetapi juga pengolahan hasil limbah untuk dimanfaatkan gas metannya.

“Kita juga akan memanfaatkan limbah sampah tersebut untuk diambil gas metannya, untuk dimasukkan ke tabung dan digunakan oleh masyararakat Sumenep,” jelasnya.

Ia pun mengajak masyarakat Sumenep lebih bertanggung jawab atas sampah dengan membuang sampah pada tempatnya. (km43/pai)

Komentar

News Feed