oleh

Siasati Minimnya Pengunjung, Perpusda Bakal Mengundang Penulis untuk Kajian Buku

Kabarmadura.id/Sumenep -Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Sumenep mengakui, pengunjung Perusda Sumenep masih minim. Kepala Perpusda Sumenep H. Ahmad Masuni menyatakan, minimnya pengunjung tidak semata-mata disebabkan Covid-19. Sebab, sebelum wabah Covid-19, minat masyarakat yang berkunjung ke fasilitas bacaan masih terbilang rendah.

“Ya sebelum ditutup itu memang tidak banyak yang berkunjung, hanya sekitar seratusan orang dan kadang tidak sampai di setiap harinya. Begitu juga di e-booknya juga sedikit yang berkunjung,” katanya, kemarin.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep itu mengatakan, untuk target jumlah pengunjung meskipun tidak dipatok secara detail, pihaknya tetap mengakui bahwa masih jauh dari harapan.

“Setiap hari itu diharapkan minimal bertambah dari hari-hari sebelumnya, harus di atas dua ratusan lebih. Maka nanti setelah dibuka kembali buku-buku akan ditata ulang sesuai tema, agar tampilannya lebih mudah,” imbuhnya.

Sementara sebagai langkah awal pihaknya akan mengupayakan untuk mendatangkan para penulis untuk berdiskusi bersama. Sehingga hal itu diharapkan menjadi motivasi masyarakat terutama pelajar untuk berkunjung ke Perpusda.

“Misalnya tentang pertanian, kami punya buku siapa di sini, maka akan diupayakan untuk dibedah. Sesuai kondisi dan kebutuhan di Sumenep. Forum-forum tersebut akan terus dilakukan ke depannya,” paparnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed