Sidak Komisi IV DPRD Sumenep, Temukan Puskesmas Saronggi Tidak Ada Petugasnya


Sidak Komisi IV DPRD Sumenep, Temukan Puskesmas Saronggi Tidak Ada Petugasnya
(KOMISI IV FOR KM) MEMASTIKAN: Komisi IV DPRD Sumenep melakukan sidak ke sejumlah puskesmas, Rabu (21/9/2022).

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Guna memastikan pelayanan kesehatan, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), Rabu (21/9/2022).

Dari kegiatan sidak ini legislatif berkunjung ke tiga puskesmas, yakni Pragaan, Bluto dan Saronggi. Dari tiga lokasi ini wakil rakyat terlihat geram ketika Puskesmas Saronggi tidak ada petugas kesehatan.

Ketua Komisi IV DPRD Rozah Ardi Kautsar mengatakan, dalam kegiatan sidak ini menjadi catatan khusus pelayanan Puskesmas Saronggi. Sebab, pada saat dilakukan sidak tidak menemukan petugas kesehatan yang bertugas, pihaknya hanya ditemui satpam yang sedang berjaga.

"Puskesmas Saronggi itu ketika kami datang tidak ada petugas kesehatannya, itu kami rasa sangat fatal," kata Politisi Partai Nasdem itu.

Atas dasar temuan itu, legislatif mempertanyakan pelayanan puskesmas tersebut. Pihaknya juga mengingatkan dinas kesehatan yang dinilai lemah dalam pengawasan. Ditegaskannya, jika siang hari saja tidak ada petugasnya, apalagi jika malam hari.

“Kami akan panggil dinas terkait, termasuk akan memberikan catatan khusus kepada puskesmas yang abai dalam pelayanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Sumenep Agus Mulyono melalui Kepala Bidang Pelayanan As'ad Zainudi mengatakan, jika temuan legislatif itu itu benar adanya, maka pihaknya akan melakukan teguran keras kepada Puskesmas Saronggi.

"Soalnya saya dari pukul 9 sampai pukul 12 kebetulan ada di Puskesmas Saronggi, jika benar nanti akan saya telepon kepala puskesmasnya," tukasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam