Sidak, Satgas Dinkes Bangkalan Temukan Mamin Kedaluwarsa di Empat Swalayan

(KM/HELMI YAHYA) PEMERIKSAAN: Sidak, Satgas Dinkes Bangkalan temukan mamin kedaluwarsa di empat swalayan di Bangkalan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Satuan Tugas Razia Mamin Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan menginspeksi kondisi produk makanan dan minuman (mamin) di empat swalayan yang menjadi target masyarakat berbelanja.

Dari empat swalayan tersebut, satgas menemukan sejumlah produk makanan dan minuman yang kedaluwarsa, tidak berizin hingga yang kemasannya rusak. Sehingga harus disita.

Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menyampaikan, inspeksi itu melibatkan sejumlah unsur dari satuan polisi pamong praja, polisi dan TNI.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin agar produk mamin yang akan dikonsumsi masyarakat ini bisa aman, makanya kami rutin setiap tahun melakukan sidak ini, “ katanya.

Inspeksi di empat swalayan tersebut diharapkan bisa menjadi sampel bagi toko atau swalayan lain untuk memeriksa dan menjaga kualitas produknya agar tetap baik. Sedangkan yang disita juga hanya sampel.

Selain penjual, pembeli juga diharapkan berhati-hati untuk membeli produk makanan dan minuman. Setidaknya agar memeriksa tanggal kedaluwarsa terlebih dahulu.

Pria yang akrab disapa Yoyok itu menyebut, terdapat satu produk yang dijual tanpa memiliki izin usaha di Tretan Swalayan, sedangkan 2 lainnya kemasannya rusak dan 3 lainnya kedaluwarsa.

Sedangkan di swalayan Tom and Jerry, tim menemukan sekitar 3 kemasan produk rusak dan 3 produk kedaluwarsa, kemudian di Indah Swalayan hanya ditemukan 3 produk yang kemasannya rusak.

Terakhir, ada 2 produk makanan dan minuman kedaluwarsa yang ditemukan di Hyfresh Bangkalan Plaza, sedangkan 2 lainnya juga mengalami kerusakan produk.

“Kami sita semua produk yang kami temukan dan menjadi sampel, pengelola juga kami peringatkan agar menjaga kualitas produknya dengan baik,” tandasnya.

Sedangkan Store Manager Hyfresh Bangkalan Plaza Sunoko berjanji akan mengevaluasi produk makanan dan minuman yang ditemukan sudah kedaluwarsa. Pihaknya memastikan akan segera memusnahkan produk lainnya jika ditemukan masalah yang sama.

“Kami berupaya memberikan yang terbaik untuk para konsumen Bangkalan, jadi ini akan kami evaluasi, “ ucapnya.

Sunoko juga berjanji akan memeriksa produk yang akan dijual di swalayannya secaa ketat. Salah satunya dengan rutin memeriksa setiap hari.

“Kami biasanya rutin melakukan pemeriksaan setiap hari, hanya saja mungkin produk yang ditemukan itu lolos dari pengawasan kami, “ ujar Sunoko mengenai alasan kelalaiannya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.