Silpa TA 2019 di Pamekasan Tembus Rp511 M

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Pamekasan-Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) pada tahun anggaran 2019, terbilang cukup besar. Bahkan, anggaran yang tidak terserap TA 2019 itu, terbilang fantastis, yakni sekitar Rp511 miliar. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan SILPA tahun 2018, sebesar Rp300 miliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan Totok Hartono menyampaikan, SILPA terjadi lantaran ada pekerjaan tahun yang belum terselesaikan pada tahun anggaran berjalan.

“Rp311 miliar itu SILPA murni, sementara Rp200 miliar bukan silpa murni,” paparnya, Minggu (19/1/2020).

Totok menjelaskan, SILPA murni, seperti nilai penawaran, sisa dari penawaran. Sedangkan SILPA tidak murni diperoleh dari hasil pekerjaan yang masih berlanjut pekerjaannya pada tahun 2020, sehingga masih termasuk kepada SILPA pada tahun 2019.

Dirinya menegaskan, SILPA pada anggaran tahun 2019 tetap akan diserap pada tahun 2020, sehingga beberapa pekerjaan yang tidak terserap dipastikan akan dikerjakan.

“Kita akhir tahun sudah rapat terus tentang percepatan itu, artinya jika dilihat dari segi actionnya lebih cepat sekarang dibanding tahun lalu,” paparnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengenjot beberapa pekerjaan yang ada di wilayahnya, apalagi pada tahun 2019 ada 3 pekerjaan yang tidak terserap dari Dana Alokasi Khusus (DAK), sehingga terbuang dengan sia-sia.

“Ya dipercepat, hangusnya kemarin karena ada batas akhir kontrak, terlebih ditambah gagal lelang, gagal lelang ini kan karena akhir dari lelang peserta tak cukup adiministrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ismail menyampaikan, untuk evaluasi pada tahun 2020, pihaknya sudah mempertegas untuk melakukan persiapan yang maksimal agar kegagalan yang telah terjadi pada tahun 2019 tidak terulang kembali pada tahun 2020.

“Pada tahun 2020 ini, kita minta segera digelar begitu,” tandasnya. (rul/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *