oleh

Sisa 1 Unit, Perekaman Mobil Keliling Milik Dispendukcapil Kurang Maksimal

KABARMADURA.ID, Bangkalan -Alat untuk perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di beberapa kecamatan mengalami kerusakan. Kendati sudah disediakan mobil perekaman keliling, namun tetap saja dinilai kurang maksimal. Sehingga kondisi itu membuat masyarakat harus melakukan perekaman langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) atau di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di lantai 3 Bangkalan Plaza (Banplaz).

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dispendukcapil Bangkalan Tulsi Hayati mengakui, jika alat perekaman di sejumlah kecamatan banyak yang sudah rusak. Sehingga pihaknya harus turun ke bawah untuk melakukan perekaman keliling di kecamatan.

“Dulu kan bisa melakukan perekaman di kecamatan, tetapi sekarang ada sebagian yang rusak jadi kami yang keliling. Sekarang sedang melakukan perekaman ke Kecamatan Konang,” ujarnya, Selasa (20/10/2020).

Tulsi (sapaan akrabnya) menambahkan, pihaknya harus aktif melakukan perekaman keliling meskipun alat perekaman mobil hanya sisa satu unit. Hal itu dilakukan agar masyarakat tidak perlu datang ke Dispendukcapil maupun ke MPP.

“Alat perekaman mobile yang bisa dibawa kemana-mana itu, saat ini sisa 1 karena ada beberapa yang rusak. Perekaman keliling tergantung permintaan dari kepala desa. Tidak hanya ke tiap kecamatan, kami juga ke sekolah-sekolah atau pondok pesantren,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Identitas Dispendukcapil Agus Suharyono menyatakan, meskipun telah ada pelayan perekaman di  MPP, namun jumlah pemohon di Disdukcapil tidak mengurangi jumlah pemohon perekaman.

“Kalau setiap harinya jumlahnya normatif. Meskipun ada MPP masih terus ada penambahan,” katanya.

Meskipun demikian, dengan adanya dua pelayanan saat ini, Agus mengakui sangat membantu petugas di Dispendukcapil sendiri. Apalagi dengan adanya perekamanan keliling ke setiap kecamatan.

“Kalau ingin mengurus e-KTP bisa di MPP, selain itu bisa mengurus langsung di Disdukcapil,” tukasnya. (km56/mam)

Komentar

News Feed