oleh

Siswa Baru SMA/SMK Tidak Penuhi Pagu

Kabarmadura.id/Bangkalan-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bangkalan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)di kabupaten Bangkalan banyak tidak memenuhi pagu. Hal tersebut lantaran ya penyebaran Covid-19 semakin tinggi sehingga  banyak sekolah yang tidak memenuhi paggu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi SMA dan Bidang Pendidikan Layanan Khusus ( PK-PLK) Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Jawa timur yang berada di area Bangkalan. Moh Fauzi menuturkan          bahwasannya penyabab sekolah SMK dan SMA tidak memenuhi pagu lantaran penyebaran Covid-19 semakin meningkat sehingga ketika memeberika sosialisasi Terhadap siswa yang akan lulus lebih libur terlebih dahulu.

“Kami tahu mengapa setiap sekolah tidak memenuhi pagu. Sebab, ketika kita hendak melakukan sosialisasi terhadap siswa SMP yang akan lulus, namun sekolah sudah libur duluan.,” Jelasnya Minggu (19/7/2020)

Fauzi menambahkan, jumlah sekolah SMA yang berada di kabupaten Bangkalan mencapai 69 terdiri dari SMA swasta dan SMA Negeri. Sementara itu untuk sekolah SMK di kabupaten Bangkalan mencapai 64 SMK Negeri dan SMK Swasta.

” Jumlah SMK di kabupaten Bangkalan mencapai 63 yang terdiri dari 10 sekolah negeri sedangkan yang swasta mencapai 50 sekolah,” paparnya.

Sementara itu Fauzi menyebutkan bahwasannya ketika pagu  belum terpenuhi, maka setiap siswa yang belum mengambil  formulir diperbolehkan untuk mendaftar.

“Untuk mendaftar ke setiap sekolah, silakan saja. Namun dengan catatan asal pagu tidak penuh,” jelasnya

Sementara itu salah satu guru SMA di kabupaten Bangkalan Yusuf menjelaskan, sejauh ini untuk memenuhi pagu memang sangat kesulitan sebab kebanyakan peserta didik tidak mengetahui teknisnya.Yusuf menambahakan, alasan peserta didik tidak mengetahui juknis lantaran saat memberikan informasi ataupun sosialisasi siswa dalam keadaan libur.

“Biasanya setiap menjelang kelulusan siswa selalu ditanya oleh wali murid mau melanjutkan ke jenjang SMA atau tidak,” jelasnya

Yusuf kembali menambahkan bahwasannya untuk memenuhi pagu atau tidaknya setiap sekolah berbeda-beda, sebeb sebagian sekolah ada yang mencapai pagu  ada yang tidak mencapai pagu.

“Di kabupaten Bangkalan untuk memenuhi pagu atau tidaknya setiap sekolah berbeda0beda terkadang ada sebagian sekolah yang memenuhi pagu dan ada sebagian yang tidak memenuhi pagu,” jelasnya  (sae/pai)

Komentar

News Feed