Siswa Penerima PIP di SDN Bancaran 2 dan 4 Bangkalan Harus Diumumkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) WAJIB TRANSPARAN: Pencairan dana Program Indonesia Pintar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bancaran 2 dan 4 harus terbuka.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bancaran 2 dan 4 harus terbuka. Tujuannya, agar tidak menimbulkan kecurigaan para wali siswa. Bahkan secara terbuka mengumumkan adanya pencairan dari pemerintah pusat melalui bank penyalur.

Sebab hingga saat ini, kebijakan pencairan dana PIP di sekolah tersebut menjadi bahan perbincangan. Salah satu dasarnya, banyak siswa belum menerima pencairan PIP lantaran ketidaktransparanan pihak sekolah. Hal ini diungkapkan Hasanul Mubarok salah satu wali siswa, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, dari adanya dasar itu muncul banyak asumsi yang mengarah dana PIP digelapkan dan dicairkan secara kolektif oleh pihak sekolah. Jika memang hal itu dilakukan, jelas ada kecurangan. “Kami sebagai wali siswa memiliki hak untuk mengetahuinya, jadi wajar jika kami ingin tahu tahapan pencairannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kasek) SDN Bancaran 2 dan 4 Imam Muslich mengaku, sudah melakukan koordinasi dengan operator yang ditugaskan melakukan pengurusan pencairan. Bahkan disesuaikan dengan data pencairan. ”Saya sudah tanyakan ke yang mengurus dan sudah dicairkan semua,” responnya.

Kedepan, pihaknya juga akan mengupayakan agar selalu memberikan informasi terbuka mengenai informasi pencairan ke wali siswa. Sehingga semua yang terdata bisa mengetahui informasi tentang pencairan PIP. “Kedepan insyaallah kami akan informasikan secara terbuka, karena memang ini juga yang menentukan bukan sekolah,” tuturnya.

Selain itu, pihak sekolah juga akan mendampingi dan mensosialisasikan mengenai penggunaan bantuan tersebut. Sebab, meskipun diberikan melalui PIP sebisa mungkin digunakan untuk keperluan sekolah. “Akan kami sampaikan setiap ada pencairan, jadi tidak ada penerima yang tidak tepat sasaran,” janjinya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *