oleh

Siswa TK Galakkan Gerakan Menabung Bantu Warga Terdampak Covid-19

Kabarmadura.id/Sampang-Baragam cara dilakukan oleh sejumlah lembaga di Kabupaten Sampang untuk dapat terlibat aktif dalam penanganan bencana non alam wabah Covid-19. Salah satunya dengan mengasah kepekaan dan kepedulian sosial para siswa sejak dini melalui gerakan menabung untuk berbagi pada warga terdampak wabah Covid-19.

SUBHAN, SAMPANG

Siswa Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIK) Nurul Hidayah, yang berlamatkan di Jalan Bahagia Nomor 72 Kelurahan Rong Tengah, Sampang, secara sukarela menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung guna membantu penanganan Covid-19 di Kota Bahari. Gerakan menabung itu, merupakan inisiatif mandiri dari lembaga yang dinakhodai oleh RR Dewi Trisna.

Selama belajar dari rumah, para peserta didik jenjang kelompok bermain dan TK tersebut, tidak hanya mendapatkan materi pembelajaran dari guru melalui belajar daring, tetapi mereka juga diajak mengasah kepedulian di tengah wabah Covid-19 dengan cara menyisihkan uang jajan untuk membantu sesama manusia.

Kepala TKIT Nurul Hidayat Sampang RR Dewi Trisna menceritakan, pembagian celengan kepada para anak didik itu sudah dilaksanakan sejak satu pekan yang lalu. Kemudian para anak-anak itu diminta untuk mengisi celengan tersebut, dengan menyisihkan uang jajan mereka. Setelah uang tabungan itu dikumpulkan, hasilnya akan didonasikan untuk penangan Covid-19 dan membantu kaum dhuafa.

Untuk pengumpulan tabungan tersebut, kata Dewi (sapaan akrabnya), menunggu pemunguman dan masuk kembali di sekolah. Nantinya, kata dia, celengan para peserta didik itu akan dikumpulkan di sekolah untuk dijadikan satu. Setelah itu, uang yang terkumpul akan disumbangkan melalui posko-posko Covid-19 yang resmi di wilayah Kota Bahari.

Manakala nanti hasil tabungan peserta didik ini lumayan banyak, maka dananya juga disumbangkan melalui badan-badan resmi pemerintah dan sebagian juga disiapkan untuk bantuan sembako bagi kaum dhuafa di bulan suci Ramadlan.

“Gerakan menabung ini sudah dilaksanakn sejak Selasa kemarin, kami memfasilitasi celengannya. Hal ini, bertujuan untuk mengajak para peserta didik dalam mengasah kepedulian sosial, simpati dan empati kepada sesama manusia sejak usia dini,” terang Dewi Trisna kepada Kabar Madura, Senin (20/4/2020).

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua IGTKI PGRI Kabupaten Sampang itu mengungkapkan, gerakkan menabung untuk berbagi kepada sesama itu mendapatkan respon yang positif dari para wali murid, mayoritas dari mereka menyambut dengan baik dan sangat mendukung atas diselenggarakannya gerakan sosial peduli kemanusian itu.

Adapun jumlah peserta didik di TKIK Nurul Hidayat itu untuk jenjang pendidikan kelompok bermain dan (TK) mencapai sekitar 430 jiwa. Maka hasil tabungan dari ratusan peserta didik tersebut akan disumbangkan untuk penanganan Covid-19, meliputi tenaga kesehatan untuk pembelian alat pelindung diri (APD) dan para kaum dhuafa di Sampang secara khusus.

Sambung dia, kebijakan menggalakkan gerakan menabung dengan melibatkan siswa secara langsung itu, murni adalah inisiatif dari pihak lembaga dalam memberikan pendidikan moril. Kendati belajar dari rumah, para peserta didik tetap mendapatkan haknya pembelajaran daring dan mengasah kepedulian kepada sesama.

“Hasil yang ingin kami capai dari gerakkan menabung ini, bukan besaran nominal uang yang bisa dikumpulkan melainkan dapat menanamkan rasa kepedulian sosial kepada anak sejak dini,” tegasnya. (pin)

Komentar

News Feed