Siswi MAN Sumenep Nuzulul Syifa'illah Alfarisi Lolos Jadi Anggota Parlemen Remaja 2022


Siswi MAN Sumenep Nuzulul Syifa'illah Alfarisi Lolos Jadi Anggota Parlemen Remaja 2022
(ISTIMEWA) BERPRESTASI: Siswi MAN Sumenep, Nuzulul Syifa'illah Alfarisi, lolos menjadi anggota Parlemen Remaja Nasional 2022.

KM.ID | SUMENEP -- Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep, Nuzulul Syifa'illah Alfarisi, terpilih sebagai salah satu anggota Parlemen Remaja Nasional 2022. Dia menjadi wakil dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur XI.

Parlemen Remaja adalah event yang diadakan rutin satu tahun sekali oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Tujuannya, untuk memberikan wadah pembelajaran bagi generasi muda khususnya pelajar tingkat SMA sederajat. Tahun ini mengusung tema "Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku".

Nuzulul Syifa'illah Alfarisi mengaku sangat bangga bisa lolos menjadi anggota Parlemen Remaja Nasional 2022 mewakili Jawa Timur. Apalagi proses untuk mencapai raihan itu tidak mudah. 

Terdapat sejumlah aspek penilaian yang harus dilewati oleh peserta seleksi anggota Parlemen Remaja, di antaranya membuat essai dan video presentasi sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

"Seleksinya cukup ketat. Ada kurang lebih 6.550 peserta yang mengikuti seleksi dan yang dipilih hanya 132 orang. Saya bersyukur bisa menjadi di antaranya. Ini semua berkat dukungan semua pihak, terutama orang tua dan guru di MAN Sumenep," kata Syifa, Selasa (6/9/2022).

Perempuan kelahiran 2006 itu akan mengikuti puncak pelaksanaan Parlemen Remaja pada tanggal 10-14 Oktober 2022. Selama di sana, Syifa akan diberi kesempatan untuk belajar menjadi wakil rakyat.

"Saya sangat senang dengan terpilihnya sebagai delegasi dari dapil Jatim XI. Karena di sini saya bisa mengangkat dan mengharumkan nama tempat lahir saya yaitu Kabupaten Sumenep, Madura," tambah anak dari pasangan Imam Alfarisi dengan Nuzulul Quraini tersebut.

Sementara Kepala MAN Sumenep H. Hairuddin memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih anak didiknya. Dia menyebutkan, ini merupakan suatu kebanggaan bagi MAN Sumenep.

"Kami sangat bangga, Syifa bisa menjadi siswi satu-satunya dari Madura yang akan mengikuti Parlemen Remaja 2022," tegasnya.

Dia berharap, Syifa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Setiap pembelajaran selama pelaksanaan Parlemen Remaja 2022 diserap dengan maksimal.

"Hasilnya nanti bisa ditularkan kepada teman-temannya yang lain di MAN Sumenep," tukasnya.

Syifa memang dikenal sebagai siswi yang berprestasi. Dia pernah dinobatkan sebagai pemain keyboard terbaik dalam event Home Concert 2022 yang diadakan oleh Swing Music School Pamekasan.

Terbaru, dia juga menyabet juara pertama Lomba Debat 2022 Tingkat Regional yang digelar oleh Universitas Madura.

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Ongky Arista UA