oleh

SKK Migas Targetkan Produksi Migas di Pamekasan 25 MMSCFD

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar pertemuan dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas BumiMigas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (perwakilan SKK MigasJabanusa), Selasa (7/7/2020).

Pertemuan itu membahas tujuan ekplorasi minyak dan gas yang harus berkontribusi postif terhadap pendapatan asli daerah (PAD), sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten berjuluk Gerbang Salam itu.

Dalam kegiatam yang digelar di Ruang Wahana Praja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam danKepala Perwakilan SKK Migas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Nurwahidi nampak berbincang cukup serius.

Seusai berbincang, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang menemui awak media mengatakan, silturahim tersebut sebagai langkah awal untuk menyatukan persepsi dalam rencana ekpolorasi minyak dan gas di Kecamatan Pademawu, agar rencana berikutnya bisa terlaksana dengan baik.

Sejatinya,sosialisasi dari SKK Migas sudah dilakukan sejak tahun 2017,melibatkan tiga kepala desa di Pademawu dan camatnya. Pengawasan kegiatan eksplorasi dilepas pantai itu merupakan kewenangan provinsi,sehingga Pemkab Pamekasan hanya mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan gas nasional.

Pertemuan itu, juga membahas rencana SKK Migas menyelesaikan pembangunan sumur biornyapada tahun 2022.Kemudian untuk memastikan penghitungan pemasukan PAD yang diperkirakan akanbisa diketahui pada tahun 2021.

Bupati Baddrut juga berencana dan mengupayakan agar eksplorasinya bisa dikerjasamakan dengan badan usaha milik daerah (BUMD) Pamekasan.

“Jika memungkinkan akan dikerjasamakan dengan BUMD, ini masih masih pembicaraan awal masih belum tuntas pembicaraannya, tadi sosialisasi saja,”ulasnya.

Pada dasarnya, Baddrutakanmendukung berbagai langkah ekplorasi potensi alam di bumi Gerbang Salam, selagi sesuai dengan aturan dan memberi manfaat baikuntuk masyarakat Pamekasan.

“Intinya begini, selagi untuk kebaikan dan kesejahteraan yang berpihak ke masyarakat, saya akan dukung penuh, masyarakat harus sejahtera, masayarakat harus bahagia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Nurwahidi membenarkan bahwapertemuan itu dalam rangka sosialisasi rencana membangun sumur bor minyak di Pamekasan.

Target eksplorasi gas di Pamekasan itu diperkirakan mampu memproduksi 20 juta standar kaki kubik per hari hingga25 juta standar kaki kubik per hari atau20 MMSCFD sampai 25 MMSCFDper hari.

“Sekarang ini kami melakukan tahap pertama, yakni survei dalam rangka membangun pipa, kami harus survei tanah didasar laut, setelah itu akan sampaipada proses berikutnnya, yaitu membangun platform,”terangnya.

Dikatakan, sosialisasi yangselama ini disampaikan masyarakat di sekitar lokasi rencana eksplorasi,berjalan dengan baik, sehingga pengeboran dibawah naungan Medco Energi itu diharapkan berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah bagus sekali, jadi akan kami kordinasikan dengan baik,”tukasnya. (rul/waw/*)

 

Komentar

News Feed