oleh

SMK Negeri Menumpang di Gedung SMP hingga 9 Tahun

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Bumi, Bangkalan sudah 9 tahun menumpang di gedung sekolah menengah pertama (SMP). Hingga kini, sekolah yang berdiri sejak tahun 2011 itu belum memiliki lahan dan gedung sendiri.

Wakil Kepala SMKN 1 Tanjung Bumi Indra menuturkan, kondisi itu berdampak buruk terhadap kegiatan sekolah, karena tidak bisa membangun apa pun untuk mengembangkan sekolah. Bahkan, kantor, perpustakaan serta ruang kepala sekolah dan laboratorium komputer berkumpul dalam satu ruang.

Sejatinya, pihak sekolah sudah berulangkali mengajukan pembebasan lahan untuk pembangunan gedung, namun belum ada hasil. Sebelumnya, sempata da wacana bahwa di tahun 2020 akan mendapatkan lahan baru, namun hingga pertengahan tahun 2020 ini, kabar baik itu belum datang.

“Sehingga pada tahun ini kami berencana untuk mengajukan kembali,” jelasnya

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) SMA  Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK PLK) Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Bangkalan Moh Fauzi membenarkan bahwa tinggal satu sekolah di bawah naungannya yang tidak memiliki tanah pribadi, yakni SMKN 1 Tanjung Bumi.

Namun Fauzi memastikan, pembebasan lahan untuk SMK Tanjung Bumi sudah dalam proses. Diperkirakan pada tahun 2020 ini sudah rampung. Sedangkan alasan lamanya proses pembebasan lahan, karena kesulitan saat berkomunikasi dengan pemilik lahan yang akan dibeli.

“Harusnya rampung tahun ini, tapi lantaran ada Covid-19, jadi semua anggaran dipangkas  untuk kegiatan lain,” paparnya.  (sae/waw)

 

Komentar

News Feed