SMPN 1 Pasean Komitmen Bentuk Generasi Qur'ani


SMPN 1 Pasean Komitmen Bentuk Generasi Qur'ani
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) KOMITMEN: SMP Negeri 1 Pasean terus matangkan persiapkan SDM unggul untuk lahirnya generasi hebat. 

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pasean, Pamekasan, berkomitmen membentuk generasi qur’ani. Salah cara yang ditempuh dengan mengikutkan enam putra putri terbaiknya dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kategori siswa SMP.

Kegiatan MTQ kategori SMP tersebut tingkat kabupaten. D igelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pamekasan. 

Menurut Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 1 Pasean Pamekasan Rusman Widiarso,  terbentuknya sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan nilai Al Qur’an menjadi salah satu prioritasnya, selain mendorong peningkatan kapasitas siswa pada pengetahuan umum yang sudah tercantum dalam kurikukum. 

“Kami sebagai sekolah, terus mendorong pada bidang kegiatan keagamaan harus berimbang dengan pengetahuan umum, jadi sifatnya tidak hanya sebatas pelajaran umum,” paparnya, Rabu (14/9/2022). 

Rusman menegaskan, lingkungan SMP Negeri 1 Pasean yang syarat dengan penerapan nilai agama Islam, menjadi pertimbangan utama dalam mempersiapkan ektrakurikuler hifzdul qur’an, sehingga bisa sepadan dengan keinginan masyarakat dalam mempersiapkan para generasinya berdasar pada nilai-nilai agama yang baik. 

“Di lingkungan kami masyarakatnya masyarakat islami, jadi kalau kami tidak mengikuti budaya itu, kami akan tertinggal, jadi kami termotivasi dengan banyaknya pondok di sekitar sekolah kami harus mengadaptasi berbagai pilihan model pendidikan yang diterapkan,” ungkapnya. 

Sementara itu, guru PAI SMP Negeri 1 Pasean, Samik, menyampaikan bahwa kesiapan materi pembelajaran pengetahuan agama di SMPN 1 Pasean memang dipersiapkan secara matang untuk menambah semangat para siswa, diikutkanlah pada  berbagai event keagaman, baik regional, maupun nasional. 

Dikauinya, pengembangan kegiatan ektrakurikuler keagamaan tidak hanya program hifzdil qur’an, tetapi juga tilawatil qur’an, dan pembelajaran kitab kuning. Bahkan dalam event lomba kitab kuning delegasi SMPN 1 Pasean masuk pada 10 besar. 

“Kami walaupun di sekolah negeri, siap bersaing dengan sekolah keagamaan, insya Allah dengan pengembangan yang dilakukan, SMPN 1 Pasean akan semakin diminati oleh masyarakat,” tegas Samik.

Terkhusus, pada MTQ tingkat kabupaten yang diadakan oleh MGMP PAI Pamekasan, bisa mencapai torehan prestasi yang maksimal. Enam siswa delegasi SMPN 1 Pasean tersebut akan diikutkan lomba musabaqah tilawatil quran putra amir mahmumi, lomba musabaqah tilawatil quran putri mailatul jannah nuraini, musabaqah hifdzil qur’an puta muhreza risqi maulana, musabaqah hifdzil qur’an putri nor syahira, musabaqah khattil qur’an putri aya rohani, musabaqah khattil qur’an putra faliyan atoillah. 

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna