Soal Penghapusan Honorer 2023, DPRD: Jangan Ada Pemecatan Sepihak

Honorer
(M ARIF/KM.ID) RINDANG: Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep di Jalan Dr. Cipto Nomor 35 Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep, Senin (20/6/2022).

KABARMADURA.ID I SUMENEP — Komisi IV DPRD Sumenep meminta Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk mendata ulang jumlah guru honorer. Pendataan ini diperlukan sebagai langkah awal menghadapi rencana penghapusan honorer 2023 mendatang.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Sami’oedin mengungkapkan, kebijakan penghapusan honorer pada 2023 akan diiringi dengan penyerapan pegawai oleh instansi terkait menjadi PPPK atau ASN

“Tidak mungkin yang ada kemudian ditelantarkan. Mereka akan direkrut secara bertahap, makanya perlu didata ulang,” ucapnya, Senin (20/6/2022).

Bacaan Lainnya

Legislator asal Kecamatan Gapura itu menyampaikan agar honorer yang sudah lama mengabdi lebih diutamakan dalam pengangkatan ASN atau PPPK. “Guru atau pegawai honor yang telah lama mengabdi, harus menjadi prioritas,” katanya.

Dia juga berharap agar tidak ada pemecatan sepihak. Dia meminta Pemkab menyediakan skema positif mengatasi rencana penghapusan honorer 2023. Sehingga angka pengangguran tidak meningkat di Sumenep.

“Harus ada upaya positif, agar pengabdian dari guru-guru honor di sekolah selama bertahun-tahun terbayarkan meski tidak sepadan,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Agus Dwi Saputra mengaku belum mendapatkan regulasi resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang penghapusan honorer.

“Sampai sekarang belum ada regulasi baru dari pusat terkait penghapusan honorer tahun 2023,” ucapnya, Senin (2/6/2022).

Dia juga mengaku belum tahu apakah akan diganti outsourcing atau lainnya. Karena regulasi tersebut berasal dari pemerintah pusat.

“Saat ini belum bisa melakukan apa-apa, karena aturan tersebut dari pemerintah pusat, jadi harus menungggu,” tutupnya.

Reporter: KM2
Redaktur: Ongky Arista UA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.