oleh

Sortir dan Lipat SS Belum Selesai

Kabarmadura.id/SUMENEP – Kegiatan sortir dan lipat surat suara (SS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep sampai saat ini masih belum juga selesai. Saat ini juga masih dalam tahap rekapitulasi, sehingga juga belum ditemukan jumlah SS yang rusak untuk segera mengajukan lagi kepada KPU RI.

Ketua KPU Sumenep Abd Waris mengungkapkan, proses rekapitulasi tersebut akan selesai dalam waktu dua sampai tiga hari ke depan. Pihaknya tidak bisa mengantisipasi SS yang rusak karena kerusakan itu berasal dari percetakan di pusat.

“Kita tidak bisa mengantisipasi untuk itu, karena yang dinamakan rusak itu seperti tinta surat suara buram, atau cetakannya miring sehingga mengurangi kolom caleg, dan sebagainya. Itu memang kesalahan mesin, sehingga tidak bisa diantisipasi,” ungkap Waris saat ditemui di kantornya, Senin (4/3).

Waris menambahkan, jika nanti ada surat suara yang rusak, pihaknya akan mengajukan surat suara baru ke KPU RI melalui KPU Provinsi JawaTimur, dengan cara mengirim surat permohonan lewat KPU Provinsi Jatim. Seandainya tidak ada kerusakan atau lebih, maka kelebihan SS tersebut akan dibakar karena SS tidak boleh lebih dari daftar pemilih tetap.

Lebih jauh, Waris mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin sehingga sebagimana regulasi, H -15 semua SS siap untuk didistribusikan ke berbagai tempat pemungutan suara (TPS).

“Kalau untuk kepulauan, kalau ada waktu, H-20 sudah siap untuk didistribusikan karena kalau ke pulau itu harus menyesuaikan dengan jadwal kapal yang akan berlayar ke sana,” pungkasnya. (km44/pai)

Komentar

News Feed