Sosialisasi DBHCHT Mendapatkan Respon Positif Pemerintah Tingkat Desa dan Kecamatan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) DIAPRESIASI: Sosialisasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) mendapatkan respon positif dari pemerintah tingkat kecamatan dan pemerintah tingkat desa.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Kegiatan sosialisasi tentang ketentuan peraturan perundang-undangan bidang cukai pada Rabu (8/9/2021) disambut baik oleh pemerintah tingkat kecamatan dan desa.

Camat Pademawu Ahmad Farid mengungkapkan, pelaksanaan sosialisasi tentang cukai dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait pengelolaan usaha rokok dengan cara legal. Menurutnya, petani tembakau menganggap sosialisasi tersebut sangat relevan dengan kondisi terkini, yakni menjamurnya pembukaan usaha rokok baru.

Bacaan Lainnya

“Biar mengetahui dan memahami, bahwasanya cukai merupakan salah satu penyumbang terbesar APBN, kira-kira 12 persen. Tentunya, kalau masyarakat paham ini, sangat bagus untuk menunjang pembangunan,” paparnya, usai  memberikan sambutan di Balai Desa Jarin Pademawu yang dihadiri perwakilan 7 desa.

Pria yang kerap disapa Farid itu menuturkan, hasil sosialisasi yang melibatkan tokoh itu disampaikan kepada warga lain, terutama pengusaha rokok. Sehingga pengusaha tersebut semakin sadar untuk mengurus cukai rokoknya.

Sementara itu, Kepala Desa Jarin Pamekasan Moh. Zuhri menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah menyelenggarakan sosialisasi di desanya. Sebab menurutnya, kegiatan tersebut bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait aturan mengenai produksi rokok rumahan dan tata cara mengurus perizinan.

Lebih lanjut, pria yang sering disapa Haji Muzakki itu mempunyai permintaan khusus kepada Pemkab Pamekasan, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat, agar menjamin penghasilannya dari hasil panen tembakau. Sebab menurutnya, masyarakat setempat hidupnya bergantung pada hasil tembakau.

“Pokoknya bagaimana caranya lah supaya bisa memperjuangkan para petani tembakau,” ujarnya. (rul/maf)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *