Sosialisasi ESDA Sumenep Tahap 3 Sukses

  • Whatsapp
INGATKAN: Kegiatan sosialisasi tahap ketiga mewanti-wanti agar penambang mempertimbangkan dampak dari aktivitasnya.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Sosialisasi Energi Sumber Daya Alam (ESDA) tahap ketiga sudah digelar. Kali ini, dilakukan di dua tempat, di antaranya di Desa Panaongan Kecamatan Pasongsongan, Desa Karang Nangka Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep, Senin (30/9/2019).

Kepala Bagian ESDA Setkab Sumenep Mohammad Sahlan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan agar semua tambang jenis galian C di Kabupaten Sumenep tidak berakibat fatal dan juga dalam mangantisipasi terkikisnya tanah.

Sebab, ada tambang yang saat ini sudah hampir mengikis jalan raya. Dengan begitu, sosialiasi akan terus dilakukan dengan sesering mungkin.

“Kami terus berupaya melakukan yang terbaik bagi para petambang dan supaya dalam mengelolaannya juga tertib,” katanya.

Sahlan menjelaskan, selama masih bisa, dirinya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, utamanya di seluruh Kabupaten Sumenep. Bahkan, menurutnya jika tambang galian C dibiarkan, maka ketika hujan maka akan berakibat fatal.

“Jika petambang dibiarkan tanpa dilakukan pengawasan, maka akan berakibat fatal,” tuturnya.

Sahlan melanjutkan, setidaknya para penambang membentuk paguyuban. Dengan begitu, bisa mempermudah pemerintah untuk melakukan pembinaan. Kemudian segera mengurus izin ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dengan adanya paguyuban, juga dapat membina anggotanya, sehingga hasil sosialisasi ini bakal menyeluruh dan wawasan di masing -masing petambang semakin baik.

“Pembinaan ini dilakukan secara bertahap dan sumua peserta dibina secara detail pula,” tuturnya.

Sementara itu, Suharto, pengusaha tambang dari Desa Panaongan Anang mengharap kepada pemerintah agar proses izin juga bisa didampingi, sehingga menurutnya bisa leluasa dalam melakukan aktivitas. Menurutnya, sosialiasi itu sangat barati bagi masyarakat sekitar

“Pemerintah Kabupaten Sumenep sudah melakukan yang terbaik bagi kami,” ujarnya. (imd/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *